Penggunaan Sufiks ~Sa pada Gairaigo dalam Artikel Online Musica Tahun 2016-2017

Harsani, Dhianita Wahyu Putri (2019) Penggunaan Sufiks ~Sa pada Gairaigo dalam Artikel Online Musica Tahun 2016-2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembentukan kata serapan dalam Bahasa Jepang, salah satunya ialah afiksasi. Afiksasi merupakan proses penggabungan kata dasar dengan afiks (prefiks, konfiks, sufiks) yang menghasilkan kata turunan. Salah satu afiksasi adalah penambahan pada bagian belakang kata dasar yang disebut sufiks. terdapat beberapa macam sufiks, salah satunya ialah sufiks ~sa yang merupakan sufiks nominalisasi. Sufiks tersebut melekat pada kata serapan sehingga mengakibatkan pembelajar Bahasa Jepang merasa kesulitan dalam memahami kata gairaigo yang dilekati oleh sufiks ~sa. Sumber data yang digunakan ialah artikel online musica tahun 2016 hingga 2017. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif karena penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan penggunaan dari sufiks ~sa pada kata serapan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik simak catat. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teori afiksasi oleh Tjandra tahun 2014 dan sufiks ~sa oleh Koizumi tahun 1993. Berdasarkan hasil penelitian, ketiga kategori tidak mengalami perubahan makna leksikal. Tetapi, pada kategori nomina menjadi adjektiva mengalami perubahan kelas kata. Sedangkan, pada kategori nomina menjadi nomina dan adjektiva ~na menjadi adjektiva tidak mengalami perubahan kelas kata, sehingga sufiks ~sa pada kata serapan merupakan afiks derivasional dan juga merupakan afiks infleksional.

English Abstract

-

Other obstract

日本語に外来語の語形成があり、特に接辞である。接辞は、基本単語と接辞『接頭辞、接中辞、接尾辞』を組み合わせるプロセス、そして派生語になる。その接辞は派生語を生成した。接辞の例へとして、語の後に付く形態素は接尾辞と言われる。接尾辞がたくさんあり、例えば『さ』の接尾辞である。外来語は『さ』の接尾辞を添付されているので、外来語の意味がよく理解できない外来語の語形成を興味を持つ方や聞き手のことが問題になっている。 この研究データソースは、2016年から2017年までのオンライン記事の『Musica』である。外来語の『さ』の接尾辞の使用を表すために、この論文の研究方法は、記述的で定性分析で実施した。取り込んだデータはノートテイク方法を使用した。収集したあとで研究を賛成する2014年のチャンドラの接辞の理論ンと1993年の小泉の『さ』の接尾辞の理論を使用して分析した。 結果によると3つのカテゴリに辞書的意味を変化はなかった。しかし、形容動詞は名詞のカテゴリで品詞分類に変更があった。一方、名詞は名詞のカテゴリと形容動詞は形容詞カテゴリで品詞分類に変化はなかった。だから、外来語の『さ』の接尾辞は派生接辞と屈折接辞である。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/40/051908562
Uncontrolled Keywords: Afiksasi, Gairaigo, Kata, Sufiks ~Sa
Subjects: 400 Language > 415 Grammar of standard forms of languages > 415.9 Morphology > 415.92 Word formation
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:08
Last Modified: 29 Feb 2024 04:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174446
[thumbnail of Dhianita Wahyu Putri Harsani.pdf] Text
Dhianita Wahyu Putri Harsani.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item