Perlindungan Hukum Karya Cipta Film “Surat Dari Praha” Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan Berne Convention

Novalia, Qariin (2018) Perlindungan Hukum Karya Cipta Film “Surat Dari Praha” Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan Berne Convention. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis mengangkat permasalahan hukum yaitu perlindungan hukum terhadap karya cipta film yang berjudul “Surat Dari Praha” berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan Berne Convention. Pemilihan kasus film “Surat Dari Praha” dalam penelitian ini dikarenakan munculnya dugaan plagiasi film tersebut terhadap cerpen yang memiliki judul sama yakni “Surat Dari Praha” karya penulis Yusri Fajar. Dugaan kasus plagiasi ini muncul dikarenakan adanya kesamaan judul dan tema antara dua karya tersebut. Penulis cerpen menganggap bahwa karya cipta film “Surat Dari Praha” telah meniru atau mengadaptasi cerpen miliknya tanpa adanya persetujuan terlebih dahulu. Sementara sutradara dari film tersebut yakni Angga Dwimas Sasongko bersikeras menolak tuduhan tersebut karena menurutnya kedua karya cipta tersebut berbeda. Menurutnya kesamaan dalam judul suatu karya cipta tidak dapat dijadikan sebagai tolak ukur tindakan plagiasi. Pada dasarnya pengaturan mengenai kasus ini terletak dalam pasal 44 ayat (1) Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Namun penafsiran pasal tersebut ternyata menimbulkan kerancuan, dimana dalam pasal tersebut menyebutkan bahwa penggunaan sebagian yang substansial atau bagian yang penting dalam suatu karya cipta tidak dianggap sebagai pelanggaran jika sumbernya dicantumkan. Namun, penulis merasa bahwa tidak ada batasan yang jelas mengenai seberapa banyak penggunaan sebagian yang substansial tersebut agar suatu karya cipta tidak diklasifikasikan sebagai suatu pelanggaran hak cipta. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian mengenai perlindungan hukum atas karya cipta film “Surat Dari Praha” berdasarkan UUHC 2014, Berne Convention, dan juga doktrin-doktrin yang berkaitan dengan orisinalitas suatu ciptaan. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini ialah yuridis normatif, yaitu meneliti isu hukum dan menganalisisnya dengan logika dari sisi keilmuan hukum. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan yang menelaah dari pengaturan yang ada dan pendekatan perbandingan yang menelaah dengan membandingkan pengaturan mengenai isu atau permasalahan yang sama. Menurut penelitian dan analisis dari penulis, kedua karya cipta tersebut bukan merupakan karya cipta yang sama. Film “Surat Dari Praha” bukan merupakan hasil adaptasi dari cerpen yang memiliki judul serupa dikarenakan menurut analisis penulis karakter dan plot yang ada didalam kedua karya cipta tersebut sangat berbeda meskipun berasal dari ide yang sama. Dengan dilakukannya penelitian ini, penulis mengharap dapat memberikan kajian dan kontribusi pemikiran kepada pihak yang berwenang dalam bidang Hak Cipta agar memberikan solusi mengenai kekaburan batasan dari “sebagian yang substansial” dalam UUHC yang berlaku di Indonesia. Selain itu penulis juga mengharap agar pihak yang berwenang lebih memperjelas pengaturan mengenai karya cipta yang sifatnya turunan atau karya cipta derivatif.

English Abstract

This research, the writer raised a legal issue which is including legal protection for the “Surat Dari Praha” movie based on the Indonesian Constitution Number 28 Year 2014 which regulates about Copyright, and also Berne Convention. The chosen case of “Surat Dari Praha” movie caused by the appearance of the presumption of plagiarism act on the movie against a short story with the same tittle “Surat Dari Praha” which written by Yusri Fajar. This plagiarism act presumption appears because of a similarity within the tittle and the chosen theme between both works. The short story writer considers this copyrighted “Surat Dari Praha” movie has been plagiarized or adapted his short story without any agreement before. Moreover Angga Dwimas Sasongko, the movie director of the film insists to deny these accuse because he thought both of them are different. He argued that the similarity of the tittle cannot be considered as a benchmark for the plagiarism act. Basically the regulation of this case lies on article 44 paragraph (1) of the Indonesian Constitution Number 28 Year 2014 about Copyright. But the interpretation of this article made some confusion, which is the article mentioned either the substantial partial usage (the important parts of the works) cannot be considered as an infringement if the source is mentioned. The research writer argues that there is unclear limitation about how much substantial part that has to be used to make the works unclassified as a copyright infringement. Therefore the writer made this research about the legal protection of “Surat Dari Praha” movie based on Indonesian Constitution of Copyright year 2014, Berne Convention, and also doctrines that related to the work’s originality. The research writer chose normative jurisdiction kind of analysis, which analyze legal issues with the logical thinking of the law science. The chosen research approach is using statute aprroach which reviews from the existing regulations and also comparative approach which compares the same regulation about similar issues. According to research and analysis of the writer, both works is not considered as similar works. “Surat Dari Praha” movie is not adapted from the short story with the same tittle because based on the writer’s analysis, the characters and plots of both works are actually different from another even though based from the same idea. By this research, the writer hopes to be able to provide some sort of study and contributes some thinking for the authorized parties on the copyrights matters in order to provide some solution and solving about this confusion of limitations about ”substantial partial usage” on the Indonesian Constitution of Copyright. Beside that, the writer also hopes for the authorized parties to make clear to this regulations about derivative works.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/H/2018/480/051908465
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.04 Property > 346.048 Intangible property > 346.048 2 Copyright
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jul 2020 04:19
Last Modified: 25 Sep 2020 15:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174397
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item