Analisis Pengembangan Strategi Pada Pt. Putra Seratai Sebagai Distributor Elpiji Bersubsidi 3 Kg Pt. Pertamina (Persero) Di Kota Balikpapan Kalimantan Timur

Syaparuddin, Muhammad Danang (2019) Analisis Pengembangan Strategi Pada Pt. Putra Seratai Sebagai Distributor Elpiji Bersubsidi 3 Kg Pt. Pertamina (Persero) Di Kota Balikpapan Kalimantan Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini bisnis di bidang energi merupakan bisnis yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu produk energi yang sangat dibutuhkan masyarakat adalah LPG (Liquid Petrolium Gas) yang diproduksi oleh PT Pertamina (Persero). Pada awalnya produk Elpiji Bersubsidi ini hanya dikemas dalam bentuk tabung berukuran 12 Kg – 50 Kg, yang diperuntukkan bagi kalangan terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan dan strategi yang tepat bagi PT. Putra Seratai. Jenis penelitin ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan studi kasus dengan teknik pengumpulan menggunakan studi pustaka, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah matrik IFE, matriks EFE, matriks CPM, matriks SWOT, grand strategy matrix, matriks IE dan matriks QSPM Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Putra Seratai berada pada posisi di atas rata-rata dan mampu mengatasi kelemahan dengan mengoptimalkan kekuatan yang dimiliki. Selain itu, PT. Putra Seratai mampu merespon peluang degan mengatasi segala ancaman yang ada. A;ternatif strategi yang layak dilakukan berdasarkan matrisk QSPM adalah penetrasi pasar.

English Abstract

At present the business in the energy sector is a business that is very much needed by the people of Indonesia. One of the most needed energy products for the community is LPG (Liquid Petrolium Gas) produced by PT Pertamina (Persero). Initially the subsidized LPG products were only packaged in the form of tubes measuring 12 Kg - 50 Kg, which were intended for limited groups. This study aim to determine the environmental conditions of PT. Putra Seratai together with the appropriate strategies. The data of this descriptive with kualitatif approach were obtained through case study, interview, observation, and documentation and were analyzed using IFE matrix, EFE matrix, CPM matrix, SWOT matrix, large strategy matrix, IE matrix, and QSPM matrix. The result show that PT. Putra Seratai is above the average and is able to ovecome is weakness by optimizing its strength. In addition, it is able to respond to oppertunities by overcoming all threats. A viable strategy for the PT. Putra Seratai, based on the QSPM matrix, is market penetration.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/394/051907945
Uncontrolled Keywords: Linkungan internal, Lingkungan Eksternal, Perumusan Strategi, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks SWOT, Grand Strategy Matrix, Matriks IE, Matriks QSPM, internal environment, external environment, formulation strategy, IFE matrix, EFE matrix, SWOT matrix, grand strayegy matrix, IE matrix, QSPM matrix.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management > 658.401 2 Planning and policy making
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Nov 2020 06:58
Last Modified: 08 Nov 2020 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174369
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item