Strategi Pemerintah Kabupaten Blitar dalam City Branding Melalui Aktifitas Pembangunan Infrastruktur (Strudi Kasus City Branding Di Kabupaten Blitar)

pradana, Faisal amru syah (2019) Strategi Pemerintah Kabupaten Blitar dalam City Branding Melalui Aktifitas Pembangunan Infrastruktur (Strudi Kasus City Branding Di Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Blitar merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak sekali potensi wisata. Potensi wisata yang dimiliki seperti wisata religi, budaya, sejarah dan wisata alam berupa pantai dan coban. Dengan adanya potensi wisata yang begitu besar perlu adanya branding untuk memaksimalkan potensi yang ada. Minimnya image destinasi wisata di Kabupaten Blitar selama ini menjadi permsalahan yang akhirnya terpecahnkan dengan adanyanya city branding “amazing blitar”. Dengan adanya branding khusus kepariwisataan ini mampu menarik wisatawan untuk berkunjung dan berwisata di Kabupaten Blitar. Launching branding ini dilakukan tepat di HUT ke 693,sebagai hadiah bagi warga masyarakat Blitar bahwa daerah ini telah memiliki identitas sebagai tanda pengenal bagi masyarakat luas terutama masyarakat Kabupaten Blitar. Kabupaten Blitar menunjukkan keseriusan dalam pembentukan amazing blitar ini. Penelitian ini berfokus pada strategi pemerintah Kabupaten Blitar dalam city branding melalui aktifitas pembangunan infrastruktur. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori city branding dari Kavaratzis terkait tiga tipe komunikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan indikator komunikais primer merupakan indikator yang sama-sama dominan dalam pembentukan city branding di Kabupaten Blitar. Pada indikator komunikasi primer pemerintah Kabupaten Blitar menargetkan pembangunan RTH mencapai 30%, melakukan pemasangan logo branding dibaliho-baliho dan ruas-ruas jalan. Akses jalan menuju lokasi wisata merupakan sebagai skala prioritas dalam pembangunan infrastruktur ke lokasi-lokasi wisata. Pembentukan branding sudah selaras dengan visi misi pemerintah dalam RPJMD 2016-2021 terkait optimalisasi pariwisata.

English Abstract

Blitar Regency is one of the regions that have a lot of tourism potential. Tourism potential that is owned such as religious tourism, culture, history and nature tourism in the form of beaches and coban. With the huge tourism potential, branding is needed to maximize the potential. The lack of a tourist destination image in Blitar Regency has been a problem which finally split with the existence of the city branding "amazing blitar". With this tourism-specific branding able to attract tourists to visit and travel in Blitar Regency. Launching branding is carried out right on the 693rd anniversary, as a gift for the citizens of Blitar community that this area has an identity as an identification for the wider community, especially the Blitar Regency community. Blitar Regency shows the seriousness in this amazing blitar formation. This study focuses on the strategy of the government of Blitar Regency in city branding through infrastructure development activities. The theoretical framework used in this study is Kavaratzis's city branding theory regarding three types of communication. The results of this study indicate that primary communication indicators are indicators that are equally dominant in the formation of city branding in Blitar Regency. In the primary communication indicator, the Blitar Regency government targets the construction of green open space to reach 30%, installing branding logos in the form of billboards and road segments. Road access to tourist sites is a priority scale in infrastructure development to tourist locations. The formation of branding is aligned with the government's vision and mission in the 2016-2021 RPJMD related to the optimization of tourism.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/866/051908284
Uncontrolled Keywords: City Branding, Kabupaten Blitar, Amazing Blitar, Potensi Wisata, Infrastruktur, City Branding, Blitar Regency, Amazing Blitar, Tourism Potential, Infrastructure
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.8 Local government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 31 Oct 2020 14:59
Last Modified: 06 Jun 2022 06:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174353
[thumbnail of Faisal amru syah pradana (2).pdf] Text
Faisal amru syah pradana (2).pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item