Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membayar Zakat Maal Pengunjung Mall Di Kota Malang

Aulia, Hana Ni’mathul (2019) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membayar Zakat Maal Pengunjung Mall Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Zakat telah menjadi instrumen yang mampu menggeser status sosial umat dari mustahik (orang yang berhak menerima zakat) menjadi muzakki dan mampu memperdayakan ekonomi umat belum merealisasikan potensi zakat yang seharusnya diperoleh dari masyarakat melalui lembaga amil zakat di Indonesia. Realita yang terjadi di Kota Malang dengan letak geografis yang yang memang strategis dan banyak pilihan pusat perbelanjaan semakin memotivasi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan duniawi. Permasalah tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi muzakki sebagai perilaku konsumen, terutama dalam membelanjakan harta sesuaikah antara pemenuhan kebutuhan duniawi dan kebutuhan akhiratnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan membayar zakat maal pengunjung mall di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis regresi logistic. Sumber data dalam penelitian iniadalah dengan alat kuesioner. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, jumlah tanggungan keluarga, religiusitas, interaksi usia dan religiusitas, dan interaksi tingkat pendapatan dan jumlah tanggungan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan membayar zakat maal pengunjung mall di Kota Malang adalah jenis kelamin, tingkat pendapatan, dan religiusitas.

English Abstract

Zakat has become an instrument that is able to shift the social status of the people of Mustahik (people who have the right to receive zakat) to become muzakki and be able to empower the economy of the ummah yet to realize the potential of zakat which should be obtained from the community through amil zakat institutions in Indonesia. The reality that occurred in Malang City with its geographical location which is indeed strategic and many choices of shopping centers increasingly motivate people to fulfill worldly needs. These problems become a challenge for muzakki as consumer behavior, especially in spending assets between the fulfillment of worldly needs and the needs of the hereafter. Therefore, this study aims to determine what factors influence the decision to pay zakat maal visitors to the mall in Malang City. This study uses a type of quantitative research with logistic regression analysis. The source of data in this study is a questionnaire. The independent variables used in this study were gender, age, education level, income level, number of family dependents, religiosity, interaction of age and religiosity, and interaction of income level and number of family dependents. The results showed that the factors that influence the decision to pay zakat maal mall visitors in Malang are gender, income level, and religiosity.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/363/051907991
Uncontrolled Keywords: Zakat, Keputusan, Pengunjung Mall, Zakat, Decisions, Mall Visitors.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:01
Last Modified: 10 Aug 2020 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174343
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item