Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Kafe Di Malang Yang Dimediasi Oleh Strategi Bersaing

Mardhiyah, Radiyatan (2019) Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Kafe Di Malang Yang Dimediasi Oleh Strategi Bersaing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan antar bisnis kafe yang menuntut pengusaha mampu memberikan nilai lebih kepada pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja kafe dengan strategi bersaing sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Sampel yang digunakan sebanyak 74 responden dengan teknik pengambilan sampel convenience sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dan uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t dan uji sobel dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh orientasi pasar terhadap strategi bersaing, orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap kinerja kafe, dan strategi bersaing berpengaruh terhadap kinerja kafe. Sehingga, strategi bersaing secara tidak langsung berpengaruh terhadap hubungan antara orientasi pasar dengan kinerja kafe.

English Abstract

This research is motivated by the increasingly intense business competition that requires entrepreneurs to create an added value for their customers. This study aims to identify the influence of market orientation on café’s performance with the mediation of competitive strategy. The sample of this explanatory research is 74 respondents selected through convenience sampling. The data was analyzed using path analysis, and the hypothesis was tested using t-test and Sobel test in SPSS 25. The result shows that market orientation has a significant effect on competitive strategy, market orientation has no significant effect on café’s performance, and competitive strategy has a significant effect on café’s performance. So that competitive strategy have any significant indirect effect on market orientation through café’s performance.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/529/051908116
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Strategi Bersaing, Kinerja Kafe, Market Orientation, Competitive Strategy, Café’s Performance
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Nov 2020 16:07
Last Modified: 06 Nov 2020 16:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174318
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item