Perencanaan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Chicken Crush Malang

Permatasari, Bidari Wulan (2019) Perencanaan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Chicken Crush Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Kuliner Nusantara Sejahtera Indonesia adalah perusahan yang mengelola beberapa brand restoran melalui sistem waralaba, salah satunya yaitu Chicken Crush. Chicken Crush Malang mengalami penurunan penjualan mulai September 2018. Tingkat persaingan untuk meraih pasar sulit dikarenakan Chicken Crush masuk dalam kondisi pasar yang sangat kompetitif, juga semakin banyaknya kompetitor dengan produk sejenis maupun produk substitusi. Sehingga perlu adanya penelitian untuk melakukan usulan strategi yang akan diimplementasikan perusahaan agar mampu mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini untuk mengidentifikasi kondisi internal dan eksternal perusahaan menggunakan Internal Evaluation Matriks (IFE) dan External Evaluation Matriks (EFE) serta mencocokkan alternatif strategi yang sesuai dengan menggunakan Matriks Internal Eksternal (IE) dan Matriks TOWS. Untuk memilih alternatif strategi yang direkomendasikan dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian yang diperoleh terdapat 40 faktor diantaranya 27 untuk faktor internal dan 13 untuk faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari 15 faktor kekuatan dan 12 faktor kelemahan perusahaan. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari 8 faktor peluang dan 5 faktor ancaman untuk perusahaan. Berdasarkan kondisi internal dan eksternal yang telah diidentifikasi, didapatkan dua puluh satu alternatif strategi yang dirumuskan dari lima alternatif strategi berdasarkan pencocokan matriks IE dan enam belas alternatif strategi berdasarkan pencocokan dengan Matriks TOWS. Dari IE matriks dapat diketahui posisi perusahaan berada berada pada sel V yang artinya dapat dikelola dengan baik dengan cara mempertahankan dan dijaga. Untuk memilih alternatif strategi yang paling sesuai menggunakan QSPM. Sembilan strategi yang direkomendasikan terkait penetrasi pasar dan pengembangan produk yaitu pembuatan menu paket dan menu catering, mengadakan event “PacaRun” dengan mengunjungi booth-booth yang telah ditentukan, melakukan kegiatan promosi secara intensif dengan konten yang menarik di sosial media, memodifikasi tata ruang menjadi instagramble dengan konsep open kitchen dan mengadakan cooking class untuk anak-anak, promosi diskon berkerja sama dengan GoFood dan GrabFood, pemberian reward kepada konsumen sesuai dengan ketentuan, meningkatkan segi pelayanan dari karyawan, dan pembuatan membership card.

English Abstract

PT. Kuliner Nusantara Sejahtera Indonesia is a company that manages several restaurant brands through a franchise system, one of these restaurants is Chicken Crush. Chicken Crush Malang sales are declining from September 2018. The level of competition to reach the market is difficult because Chicken Crush is in a very competitive market condition. That, and also increasing number of competitors with similar products and substitute products. So, that research is needed to determine the appropriate strategy, and to be able to maintain the existence of the company. This research aim is to identify the company’s internal and external conditions using Internal Evaluation (IFE) Matrix and External Evaluation (EFE) Matrix. Also, Internal-External (IE) Matrix and TOWS Matrix are used to matching alternative strategies with the company’s condition. Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) is used to choose the most recommended alternative strategies. As the result of the research, 40 factors impact Chicken Crush Malang, consisting of 27 internal conditions and 13 external conditions. The internal factors consist of 15 strength factors and 12 weakness factors. For the external factors consist of 8 opportunities factors and 5 threat factors. From internal and external conditions, twenty-one alternative strategies that have been formulated. Five alternative strategies formulated from IE Matrix and sixteen alternative strategies formulated from TOWS Matrix. From IE Matrix the position of the company is in quadrant V (hold and maintain). Based on the decision stage with QSPM. Nine recommended alternative strategies that related with market penetration and product development are: creating package menu and catering menu, holding "PacaRun" events by visiting predetermined booths, conducting intensive promotional activities with interesting content on social media, modifying spatial planning into instagram with the concept of open kitchen and holding cooking classes for children, promotion discounts in collaboration with GoFood and GrabFood, giving rewards to consumers in accordance with the provisions, improving service aspects of employees, and making membership cards

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/827/051909566
Uncontrolled Keywords: Matriks IFE, Matriks EFE, Tahap Pencocokan Strategi, Tahap Pemilihan Strategi, Manajemen Strategi. Internal Evaluation Matriks (IFE), External Evaluation Matriks (EFE), Matching Stage, Decision Stage, Strategic Management.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Oct 2019 01:55
Last Modified: 29 Oct 2019 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174304
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item