Analisis Terhadap Minat Kerja Tkl Purna Di Indonesia

Chriswuri, Gania (2019) Analisis Terhadap Minat Kerja Tkl Purna Di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kecenderungan TKI Puma di Indonesia untuk bekeria dan tidak bekerja serta kecenderungan TKI Puma di lndonesia untuk memasuki sektor formal dan sektor informal, berdasarkan karakteristik demografi yang meliputi usia, jumlah beban tanggungan keluarga, pendidikan tertinggi, jenis kelamin, status pemikahan, status dalam keluarga, pelatihan bersertifikat, pengalaman kerja ke luar negeri dan negara tempat bekerja. Tidak jarang didapati TKI Puma yang hilang pandangan, akan seperti apa perekonomiannya nanti selepas pnempatan. Disisi lain, bagi TKI yang telah Purna penempatan, leisure time perlu dimanfaatkan dengan baik dan semaksimal mungkin sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat untuk keluarga. Penelitian ini menggunakan data sekunder SAKERNAS tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi respon kuali&atT yaitu probit. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sesuai dengan jumlah responden yang terdapat dalam SAKERNAS 20't7 seiumlah 536.970 penduduk, kemudian sampel yang digunakan peneliti dalam penelitian ini sesuai dengan responden SAKERNAS 2017 yang merupakan tenaga kerja berstatus migran yang bekerja dan tidak bekeda sejumlah 177.284 penduduk serta tenaga kerja berstatus migran yang bekeda dan memasuki sektor fonnal maupun informal sejumlah 122.729 penduduk. Analisis data menggunakan dilakukan dengan menggunakan uji regresi probit. Dengan menggunakan dua model probit, variabel dependen pada model pertama adalah bekeria dan tidak bekerja. Sedangkan variabel dependen pada model kedua adalah bekerja memasuki sektor formal dan informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan TKI Puma untuk bekerja lebih besar pada TKI Puma bedenis kelamin laki-laki, TKI Puma dengan status menikah, TKI Purna dengan status sebagai kepala rumah tanggalkeluarga, TKI Puma yang pemah menempuh pelatihan bersertifikat, dan TKI Puma yang pernah bekerja di Malaysia. Sedangkan kecenderungan TKI Puma untuk tidak bekerja lebih besar pada TKI Puma dengan golongan usia yang semakin tua, TKI Puma dengan jumlah beban tanggungan keluarga semakin banyak, TKI Puma dengan pendidikan tertinggi setingkat SMP dan SMA serta TKI Puma yang dalam lima tahun tenakhir pemah bekerja di luar negeri. Pada model kedua, kecenderungan TKI Puma bekerja di sektor furmal lebih besar pada TKI Purna d6ngan jumlah beban tanggungan keluarga semakin banyak, TKI Puma dengan pendidikan tertinggi setingkat SMP; $MA; dan Universitas, TKI Purna dengan jenis kelamin laki-laki, TKI Puma dengan status sebagai kepala rumah tangga/keluarga, dan TKI Puma yang pemah menempuh pelatihan bersertiftkal Sedangkan kecenderungan TKI Puma bekeria di sektor informa! lebih besar dengan golongan usia yang semakin tua dan TKI Puma dengan status menikah.

English Abstract

The research's purpose to analized the influence of the factors toward lndonesian Migrant Workers preferences in lndonesia for employed or unemployed, also the preference for enter the formal sector or infonnal sector based on demography characteristic including age, number of families burden, highest education, sex, marital status, status in f;amily, cert'fied training, overseas working experience, and nation of working place. Sometimes lndonesian Migrant Workers has lost their vision of what will happen on their economic matters after the ptacement On the other side, br tndonesian workers who already puma placement, need to use their leisure time to produce something valuable for their famity. The research used SAKERNA$ 2017 data. The method which used for the research is regression analysis qualitative respond which is called probit. The number of population whicfr are used fof the reearch is suihble with the number of the respondents in $AKERNAS 2017 those are 536.970 residents, and then the sample which are used for the research is suitable with the number of the respondents in SAKERNAS 2017 which are migrant workforce who employed or unemployed are'177.28O residents and migrant workforce who work on fonnal sector or informal sector are 1?2.729 residents. Regression analysis probit used to analyaed the data, by using two probit models which are the dependent variable on the first model is employed or unemployed, and the second model is working on formal sw'tor or informal sector. The result showing that the preference lndonesian Migrant Wod<erc for working or being employed are higher on male lndonesian Migrant Workers, marital status is manied, patriarch as the status in family, have a certified training, and have been working in Malaysia. Mean wfiile the pleference lndonesian Migrant Workers fur being unemployed are higher on lndonesian Migrant Workers who have a high number of age, have high number of families burden, highest education on leveljunior high school and senior high school, and in the last 5 yearc have been working overseas. On the second model the preference of lndonesian Migrant Workers for working in formal sector have a higher number on lndonesian Migrant Workers who have high number of fiamilies burden, highest educaton on leveljunhr high school, senior high school, and universi$, higher on male lndonesian Migrant Workers, patiarch as the status in hmily, and have a certified training. Othennrise, the preference lndonesian Migrant Workerc fur working in informal sector is higher on lndonesian Migrant Workem who have a high number of age and maritalstatus is manied.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/525/051908094
Uncontrolled Keywords: Minat kerja, TKI Puma, bekeria, tidak bekerja, formal, informa!, Probit, interest in work, lndonesian Migrant Workers, employed, unemployed, formal, informal, Probit.
Subjects: 300 Social sciences > 331 Labor economics > 331.6 Workers by ethnic and national origin > 331.62 Immigrants and aliens > 331.621 Immigrants and aliens from areas, regions, places in general > 331.621 598 Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Oct 2020 13:12
Last Modified: 19 Oct 2020 13:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174241
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item