Preferensi Penggunaan Uang Elektronik Pada Mahasiswa Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang (Studi Pada Pengguna Go Pay Dan Ovo)

Munifa, Amelia (2019) Preferensi Penggunaan Uang Elektronik Pada Mahasiswa Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang (Studi Pada Pengguna Go Pay Dan Ovo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan Financial Technology (Fintech) di Indonesia setiap tahun semakin meningkat. Perkembangan transaksi e – commerce juga tak lepas dari adanya transportasi online, yang menjadi penunjang distribusi barang. Transportasi online yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia yakni Gojek dan Grab. Penelitian ini menggunakan data primer yakni kuisioner. Penelitian ini menggunakan 97 responden yang terdiri dari mahasiswa diseluruh program studi fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Brawijaya, dengan pengambilan teknik purposive sampling. Penelitian membahas tentang manfaat, kepercayaan terhadap kemudahaan penggunaan serta pilihan preferensi konsumen menggunakan gopay atau ovo sebagai alat pembayaran. Metode ata analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Berdasarkan penelitian ini maka pihak ovo dan grab harus meningkatkan kepercayaan terhadap konsumen dengan memberikan manfaat bagi penggunanya dan kemudahan dalam menggunakan e-money dalam kegiatan transaksi pembayaran.

English Abstract

The use of Financial Technology (Fintech) in Indonesia is increasing every year. The development of e-commerce transactions is also inseparable from online transportation, which supports the distribution of goods. Online transportation that is often used by the people of Indonesia namely Gojek and Grab. This study uses primary data that is questionnaire. This study used 97 respondents consisting of students throughout the study program at the Faculty of Economics and Business, Universitas Brawijaya, by taking a purposive sampling technique. The study discusses the benefits, trust in the ease of use and the choice of consumer preferences using gopay or ovo as a means of payment. The analytical method uses descriptive analysis and path analysis. Based on this research, the ovo and grab parties must increase their trust in consumers by providing benefits to their users and the ease of using emoney in payment transaction activities.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/546/051908130
Uncontrolled Keywords: Manfaat, Kepercayaan, Kemudahaan Penggunaan, Preferensi Konsumen, Benefits, Trust, Ease of Use, Consumer Preferences
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.4 Money
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Nov 2020 01:36
Last Modified: 11 Nov 2020 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174236
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item