Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Tahun 2014-2016

Auliani, Rana (2019) Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Tahun 2014-2016. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Pengukuran CSR perusahaan didasarkan pada CSR Index yang dilihat dari laporan tahunan maupun sustainability report perusahaan. Objek penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2016. Metode pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini metode purposive sampling. Sampel memenuhi kriteria yang telah ditetapkan adalah sebanyak 72 sampel. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap luas pengungkapan CSR. Semakin besar ukuran perusahaan maka akan semakin tinggi tingkat pengungkapan CSR. Leverage memiliki pengaruh negatif terhadap luas pengungkapan CSR, sehingga perusahaan yang memiliki tingkat leverage tinggi akan membatasi tingkat pengungkapan CSR agar tidak menjadi sorotan debtholder. Sebaliknya, ditemukan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR yang akan dilakukan oleh perusahaan.

English Abstract

The aim of this study is to obtain empirical evidence on the effect of profitability, leverage, and company size on Corporate Social Responsibility (CSR) disclosure. The measurement of a company’s CSR is based on the CSR Index, which is obtained from the company’s annual and/or sustainability report. Mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange from 2014-2016 were used as the object of this study. The purposive sampling method was used in this study as the sample selection method. Of the companies, 72 samples that fulfilled the predetermined criteria were obtained. The utilized type of data is secondary data. Data analysis was performed using classic assumption test and the hypotheses were tested using the multiple linear regression method. The results of this study indicated that leverage and company size have effects on CSR disclosure. A greater company size means a greater disclosure of its CSR activities. Leverage has a negative influence on CSR disclosure, and thus companies that have high levels of leverage will limit their CSR disclosure to avoid the attention of debtholders. On the contrary, it was found that profitability did not have an effect on the CSR disclosure carried out by a company.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/450/051908100
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, Corporate Social Responsibility (CSR), profitability, leverage, company size.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.6 Specific kinds of accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Oct 2020 13:21
Last Modified: 21 Oct 2020 13:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174232
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item