Eksistensi Prinsip Maqashid Syariah Pada Kesejahteraan Karyawan Lembaga Amil Zakat (Studi Pada Karyawan Lembaga Amil Zakat Yayasan Dana Sosial Al-Falah Kota Surabaya)

Pratiwi, Andini Cahyaning (2019) Eksistensi Prinsip Maqashid Syariah Pada Kesejahteraan Karyawan Lembaga Amil Zakat (Studi Pada Karyawan Lembaga Amil Zakat Yayasan Dana Sosial Al-Falah Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana eksistensi prinsip maqashid syariah pada kesejahteraan amil zakat di Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa para amil telah mampu mencapai kesejahteraan yang maslahah yaitu kesejahteraan yang tidak hanya diukur dari materi tapi juga dari sisi spiritual. Hal ini terbukti bahwa di dalam melakukan penjagaan kelima unsur maqashid syariah yakni menjaga agama (hifdz din), menjaga jiwa (hifdz nafs), menjaga akal (hidfz aql), menjaga keturunan (hifdz nasl) dan menjaga harta (hifdz maal) para amil sudah terwujud dengan indikator yang dipakai oleh peneliti yaitu maqashid syariah yang bersumber dari penelitian terdahulu dan beberapai indikator BKKBN yang sesuai dengan prinsip Islam.

English Abstract

Abstract: This study aims to describe how the existence of maqashid sharia principles on the welfare of amil zakat at the Al-Falah Social Fund Foundation in Surabaya. This type of research is a qualitative descriptive study. This research was conducted by conducting interviews, observations, and documentation. The results of the study found that the amil have been able to achieve prosperous prosperity that is welfare that is not only measured from the material but also from the spiritual side. This is evident that in safeguarding the five elements of sharia maqashid namely guarding the religion (hifdz din), guarding the soul (hifdz nafs), guarding reason (hidfz aql), guarding offspring (hifdz nasl) and protecting property (hifdz maal) amil already manifested by the indicators used by researchers namely maqashid sharia sourced from previous research and achieved BKKBN indicators that are in accordance with Islamic principles.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/445/051908096
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan, Amil Zakat, Maqashid Syariah, Welfare, Amil Zakat, Maqashid Sharia.
Subjects: 300 Social sciences > 361 Social problems and services > 361.6 Governmental action > 361.65 Welfare state
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 Nov 2020 09:20
Last Modified: 12 Nov 2020 09:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174227
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item