Sistem Otomatisasi Lampu Rumah dengan Algoritme Naive Bayes Berdasarkan Kebiasaan Penghuni Rumah

Bastomi, Ahmad Yazid (2019) Sistem Otomatisasi Lampu Rumah dengan Algoritme Naive Bayes Berdasarkan Kebiasaan Penghuni Rumah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai alat penerangan yang memudahkan aktifitas manusia dalam keadaan gelap, lampu mempunyai fungsi yang sangat penting dalam hidup keseharian. Di dalam rumah lampu mempunyai peran sebagai alat penerangan yang mendukung aktifitas di dalam rumah dan fungsinya hampir tidak tergantikan. Akan tetapi penggunaan yang harus secara manual menyebabkan penghuninya menemui masalah seperti lupa mematikan lampu pada siang hari sehingga menyebabkan pemborosan listrik dan berdampak pada pengeluaran biaya yang lebih besar. Penelitian ini ditunjukan untuk membuat sistem otomatisasi pada lampu dengan menggunakan acuan kebiasaan penghuni rumah dalam menyalakan dan mematikan lampu. Sistem menggunakan kebiasaan penghuni rumah dan mengolahnya dengan algoritme Naïve Bayes untuk menentukan nyala lampu secara otomatis. Salah satu kelebihan Algoritme ini adalah penggunaanya yang mudah, akurat dan tidak memerlukan terlalu banyak data. Sistem menggunakan mikrokontroler Arduino UNO sebagai pengontrol utama keseluruhan sistem. Dalam penggunaanya terdapat tiga saklar yang berfungsi sebagai input utama sistem. Saklar tersebut mengatur mode sistem dan menangkap data waktu secara Real Time sehingga penggunaanya lebih mudah. Data yang didapat juga disimpan di EEPROM Arduino UNO sehingga dapat digunakan secara berkelanjutan. Dari keseluruhan hasil sistem yang meliputi akurasi saklar 1, saklar 2 dan hasil data yang disimpan di EEPROM diperoleh akurasi sebesar 91,6% untuk saklar 1, 83,3% untuk saklar 2, dan 100% untuk hasil data di EEPROM.

English Abstract

As one of the lighting tools that ease a human activities at dark state, lamp has very important function for daily lives. Inside the house lamp has a role as lighting tools that support house activities and nearly unreplaceable. However because the manual using with it, the resident in the house became very often encountering a problem. One of the example it’s when the resident forgot to switch off the lamp, it make electricity wasted and impact on expense. These Research intended to make automatic lamp system using habit of occupants in the house to switch off and on the lamp inside it. System using habit of the resident and process it using Naïve Bayes algorithm to set the lamp condition. One of excess using Naïve Bayes algorithm is easy to use, have high accuracy and not need a lot of data. System using Arduino UNO microcontroller as main controller and three switch as main input. The switch control system mode and acquire data in real time. Acquired data also saved in Arduino UNO EEPROM so it can be used over and over again. All of the result of system that including switch 1 accuration, switch 2 accuration, and data result inside EEPROM, the switch 1 getting 91,6% accuracy, the switch 2 getting 83,3% accuracy, and 100% for the EEPROM.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/617/051907830
Uncontrolled Keywords: Smart Home, Lampu, Kebiasaan, Naïve Bayes, Smart Home, Lamp, Habit, Naïve Bayes
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 003 Systems > 003.1 System identification
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:35
Last Modified: 09 Mar 2022 07:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174168
[thumbnail of Ahmad Yazid Bastomi (2)ok.pdf]
Preview
Text
Ahmad Yazid Bastomi (2)ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item