Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 Domain DSS (Deliver, Service, Support) (Studi Kasus: PT. PLN (Persero) Kantor Pusat)

Baharuddin, A. Fahmi (2019) Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 Domain DSS (Deliver, Service, Support) (Studi Kasus: PT. PLN (Persero) Kantor Pusat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perseroan menetapkan Tata Kelola Teknologi Informasi yang efektif sesuai Permen BUMN 01/2011 Pasal 30 Ayat (1) dan merujuk kepada Permen BUMN 02/2013 Pasal 3 Ayat (1) dan Ayat (5) yang berfungsi sebagai pedoman pemanfaatan serta pengembangan teknologi informasi perseroan untuk mencapai tujuan perseroan. PT. PLN (Persero) memiliki kewajiban untuk menerapkan Good Corporate Governance, sebagaimana diamanatkan didalam Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor Per-01/MBU/2011 tentang penerapan Good Corporate Governance pada BUMN. Dalam mendukung kegiatan bisnis, PT. PLN memerlukan dukungan teknologi informasi yang dioperasikan menggunakan perangkat keras maupun perangkat lunak dan terhubung melalui jaringan komunikasi data perusahaan, serta penanggung jawab Tl harus memperhitungkan faktor-faktor keamanan yang meliputi kerahasiaan, integritas data, dan ketersediaan informasi bagi pengguna yang telah diberikan otoritas. Pada layanan teknologi informasi pada PT.PLN terdapat beberapa kendala seperti belum optimalnya pengelolaan insiden pada layanan operasional TI yang akan berdampak pada kegiatan bisnis perusahaan. Dari adanya temuan tersebut maka diperlukan adanya suatu evaluasi tata kelola teknologi informasi pada PT. PLN (Persero). Penelitian ini menggunakan framework COBIT 5 domain DSS (Deliver, Service, Support), untuk mengetahui capability level dan gap pada tata kelola teknologi informasi PT. PLN (Persero) Kantor Pusat. Hasil penelitian proses subdomain DSS01, DSS02, DSS03, DSS04, DSS05, DSS06 menunjukkan bahwa capability level yang diperoleh berada pada level 2, dengan nilai gap DSS01, DSS02, DSS05, DSS06 yaitu 1 dan tidak terdapat gap pada DSS03, DSS04. Agar perusahaan dapat mencapai target level yang diharapkan, maka diberikan rekomendasi berupa meningkatkan pengawasan dan dokumentasi work product dan generic work product yang berkaitan dengan penanganan dan manajemen insiden.

English Abstract

Company sets an effective Information Technology Management in accordance with Ministerial Regulation of State-Owned Enterprises (SOEs) of 01/2011 Article 30 Section (1) and in reference to Ministerial Regulation of SOEs of 02/2013 Article 3 Section (1) and Section (5) in using and developing information technology to aim the objectives of the company. PT. PLN has an obligation to apply Good Corporate Governance, as mandated in Ministerial Regulation of SOEs of Per-01/MBU/2011 on application of Good Corporate Governance in SOEs. In conducting the business activities, PT. PLN requires the support of information technology operated in the form of software and hardware connected through data communication system of the company, along with reliable calculation of possible factors including confidentiality, data integration, and information availability for the given authority. With regards to information technology in PT. PLN, there are numbers of obstacles such as ineffective accident management on IT operational service which affecting the business activities. Based on the finding mentioned, an evaluation of information technology management of PT. PLN is required. This research uses COBIT 5 Domain Framework DSS (Deliver, Service, Support), to understand capability level and gap on information technology management of PT. PLN Head Office. The result of subdomain process of DSS01, DSS02, DSS03, DSS04, DSS05, DSS06 shows that capability level is on level 2, with gap value of 1 on DSS02, DSS05, DSS06 and no gap on DSS03, DSS04. In order to reach the expected target level, the recommendation are to increase supervision and documentation of work product and generic work product that are pertained to accident handling and accident management.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/612/051907825
Uncontrolled Keywords: evaluasi, COBIT 5, DSS (delivery, service, support), capability level, gap analysis
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.068 Information technology--Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:26
Last Modified: 09 Mar 2022 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174155
[thumbnail of A. Fahmi Baharuddin (2)ok.pdf]
Preview
Text
A. Fahmi Baharuddin (2)ok.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item