Evaluasi Teknologi Informasi Menggunakan COBIT 5 Fokus Proses DSS02, DSS03, dan DSS04 (Studi Kasus: PT. Garam (Persero)

Astuti, Melisa Widya (2019) Evaluasi Teknologi Informasi Menggunakan COBIT 5 Fokus Proses DSS02, DSS03, dan DSS04 (Studi Kasus: PT. Garam (Persero). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Garam (Persero) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak sebagai produksi agen pembangunan dari garam dan tetap konsisten menjaga terjaminnya ketersediaan Garam Nasional di Indonesia, serta senantiasa berupaya untuk mewujudkan pangan di bidang garam. Maka, untuk membantu kegiatan proses bisnis yang dilakukan oleh PT. Garam (Persero) menerapakan layanan Sistem ERP. Dalam penerapan layanan Sistem ERP terjadi kendala seperti terjadinya insiden dan masalah yang mempengaruhi data – data PT. Garam (Persero). Dengan kendala yang terjadi maka perlu dilakukan evaluasi teknologi informasi menggunakan framework COBIT 5 untuk penelitian ini dan fokus subdomain DSS (Delivery, Service and Support) yang dipilih adalah DSS02: Manage Service Requests and Incidents, DSS03: Manage Problems dan DSS04: Manage Continuity. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui capability level dan GAP yang terjadi saat ini. Hasil penelitian menunjukan capability level yang diperoleh dari proses subdomain DSS02, DSS03, dan DSS04 adalah 1 dan pada sertiap proses subdomain memiliki nilai GAP adalah 1. Agar perusahaan dapat mencapai level target yang diinginkan, diberikan rekomendasi melakukan pelengkapan pendokumentasian dokumen output work product, membuat prosedur yang lebih rinci dan detail mengenai penanganan permintaan dan insiden masalah.

English Abstract

PT. Garam (Persero) is a company that operates as a production agent for the construction of Salt and is approved by the National Salt in Indonesia, and always strives to realize food in the salt sector. So, to help business process activities carried out by PT. Garam (Persero) applies ERP system services. In the implementation of ERP System services there are obstacles such as incidents and problems that affect the data of PT. Garam (Persero). With the constraints that occur, it is necessary to evaluate information technology using the COBIT 5 framework for this research and focus on the selected DSS (Delivery, Service and Support) subdomain which is DSS02: Manage Service Request and Incidents, DSS03: Manage Problems and DSS04: Manage Continuity. The research is intended to aim to determine the capability level and GAP that occur at this time. The results show that the capability level obtained from the subdomain DSS02, DSS03, and DSS04 processes is 1 and in the subdomain process level has a GAP value of 1. In order for the company to reach the desired target level, a recommendation is to complete document work output document documentation, make a procedure more detailed and detailed handling of requests and incidents of problems.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/674/051907866
Uncontrolled Keywords: COBIT 5, DSS (Delivery, Service and Support), Capability Level, Analisis GAP
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.068 Information technology--Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:26
Last Modified: 09 Mar 2022 06:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174130
[thumbnail of Melisa Widya Astuti (2)ok.pdf]
Preview
Text
Melisa Widya Astuti (2)ok.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item