Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 3 Malang

Budiman, Yuliana Anggreini (2019) Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 3 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Problem Based Learning (PBL) merupakan proses pembelajaran dikelas dimana pusat pembelajarannya berdasarkan masalah di kehidupan nyata. Kemudian dari masalah ini peserta didik arahkan untuk dapat mempelajari masalah berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka miliki sebelumnya, sehingga dari pengalaman ini akan terbentuk pengetahuan dan pengalaman baru. Dengan demikian, masalah yang ada digunakan sebagai sarana agar peserta didik dapat belajar sesuatu yang dapat mendukung keilmuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction berdasarkan aspek dari ranah kognitif dan psikomotorik pada peserta didik kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai peserta didik pada ranah kognitif dengan mengimplementasikan model pembelajaran PBL memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,993 nilai ini lebih besar dari 0,05 atau 0,993 > 0,05. Sedangkan nilai peserta didik pada ranah psikomotorik memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 nilai ini lebih kecil dari 0,05 atau 0,001 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara pengimplementasian model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif, namun pada hasil belajar peserta didik ranah psikomotorik hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan.

English Abstract

Problem Based Learning (PBL) is learning process in the class in which the learning center is based on the problem in the real life. From this problem, the students are guided to solve the problem based on their knowledge and experience that they had before, so that the students will have new knowledge and experience. Therefore, problem will be used as a tool for the students to be able to learn something to support their knowledge. The aim of this research is to know whether the result of learning Computer and Basic Network using Problem Based Learning model is higher than Direct Instruction learning model based on cognitive and psychomotor aspects. The subject of this study is the tenth grade students from Computer Engineering and Basic Network department in SMK Negeri 3 Malang. The result of this research showed that the students’ score in cognitive aspects after implementing PBL model had Sig. value (2-tailed) in the amount of 0.993. This value was bigger than 0.05 or 0.993 > 0.05. However, the students’ score in psychomotor aspect had Sig. value in the amount of 0.001. This value was smaller than 0.05 or 0.001 > 0.05. It can be concluded that after implementing PBL model, there was no significant effect toward the students’ learning outcomes in cognitive aspect. However, the students’ learning outcomes in psychomotor aspect had significant effect after using PBL model.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/655/051907847
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, PBL, direct instruction, komputer dan jaringan dasar, learning outcomes, problem based learning, direct instruction, Computer and Basic Network
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 001 Knowledge > 001.2 Scholarship and learning
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:34
Last Modified: 09 Mar 2022 03:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174089
[thumbnail of Yuliana Anggreini Budiman (2)ok.pdf]
Preview
Text
Yuliana Anggreini Budiman (2)ok.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item