Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang

Saida, Lizma Nur (2019) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dari hasil observasi yang penulis lakukan di SMK Negeri 3 Malang dan didapatkan permasalah yakni peserta didik yang terpaku pada materi yang ada pada powerpoint sehingga sumber belajar lain misalnya buku mata pelajaran dan modul yang tersedia tidak dimanfaatkan oleh peserta didik. Dengan adanya permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian berjudul Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasi experimental design dengan terdapat 2 kelas pnelitian yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk pengukuran variabel motivasi belajar dan kebiasaan belajar, sedangkan hasil belajar menggunakan instrumen soal pretest dan posttest. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari variabel media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint terhadap motivasi belajar, kebiasan belajar, dan hasil belajar peserta didik. Dibuktikan dari hasil uji korelasi menyatakan media interaktif powerpoint berpengaruh positif terhadap motivasi belajar sebesar 44,22% sedangkan 55,78% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Pada kebiasaan belajar terdapat 77,44% pengaruh, seedangkan 22,56% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Pada hasil belajar peserta didik terdapat 81,18% pengaruh sedangkan 18,82% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga penulis menyarankan bagi pendidik untuk lebih memanfaatkan media powerpoint secara interaktif guna meningkatkan sikap motivasi dan kebiasaan belajar yang baik.

English Abstract

The background of this research is the results of observations made by the author at SMK Negeri 3 Malang and the problem is that students are fixated on the material in powerpoint so that other learning resources such as textbooks and modules that are available are not utilized by students. With these problems, researchers conducted a study entitled The Effect of Using Interactive Powerpoint Based Learning Media to Improve Learning Motivation, Learning Habits, and Student Learning Outcomes at SMK Negeri 3 Malang. The method used in this research is quasi experimental design with 2 research classes namely control class and experimental class. The instrument used was a questionnaire for the measurement of learning motivation and learning habits variables, while the learning outcomes used the pretest and posttest question instruments. The results of the study indicate that there is an influence of the interactive learning media variable based on powerpoint on learning motivation, learning habits, and student learning outcomes. It is proven from the results of the correlation test that powerpoint interactive media positively influences learning motivation by 44.22% while the other 55.78% is influenced by other factors. In the study habits there are 77.44% influence, another 22.56% influenced by other factors. In the learning outcomes of students there are 81.18% influence while the other 18.82% is influenced by other factors. So the authors suggest for educators to make more use of interactive powerpoint media in order to improve motivation and good study habits

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/652/051907844
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, interaktif, motivasi belajar, kebiasaan belajar, hasil belajar, eksperimen. learning media, interactive, learning motivation, study habits, learning outcomes, experiments.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.3 Artificial intelligence > 006.31 Machine learning
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:25
Last Modified: 09 Mar 2022 03:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174084
[thumbnail of Lizma Nursaida (2)ok.pdf]
Preview
Text
Lizma Nursaida (2)ok.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item