Peran Serikat Pekerja Dalam Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (Studi kasus tentang perselisihan hubungan industrial pada unit Serikat Pekerja Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia di PT.XYZ Kota Malang)

Bahmudah, Muhammad (2019) Peran Serikat Pekerja Dalam Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (Studi kasus tentang perselisihan hubungan industrial pada unit Serikat Pekerja Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia di PT.XYZ Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kasus Perselisihan hubungan industrial di indonesia merupakan gejala yang terjadi di setiap tahunnya, hal ini menjadikan serikat pekerja memiliki peran penting dalam proses penyelesaian. Serikat pekerja secara struktur organisasi memiliki badan tertinggi yang mana dalam penelitian ini adalah Komite Pusat Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia yang diharapkan dapat membantu dan mendorong untuk mengatasi berbagai hambatan dari berbagai pihak dan hal yang dialami oleh anggotanya dalam upaya penyelesaian perselisihan hubungan industrial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran-peran yang dilakukan oleh Serikat pekerja Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia dalam penyelesaian perselisihan hubungan industrial serta faktor-faktor apa saja yang mampu mendukung serta menghambat proses tersebut. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu penggambaran dan menguraikan data secara sistematik. Untuk membantu pengumpulan data, maka peneliti menggunakan beberapa metode diantaranya metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Alat analisis data pada penelitian ini adalah analisa data deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan Serikat Pekerja Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia berperan besar dalam proses penyelesaian perselisihan hubungan industrial yang meliputi peran fasilitatif, peran edukasional, peran perwakilan, dan peran teknis yang dapat membantu dalam proses penyelesaian perselisihan hubungan industrial. Faktor dalam proses Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia dalam penyelesaian perselisihan hubungan industrial dipengaruhi faktor pendukung dan penghambat. Dimana faktor yang mendukung adalah anggota Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia, dan pemerintah. Sedangkan faktor yang menghambat adalah perusahaan, dan anggota Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia itu sendiri.

English Abstract

The cases number of industrial relation disputes is symptom that happens every year, it makes labour unions have some important roles for labour problem solving. Labour unions has a highest agency as organization structure. Komite Pusat Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia was chosen on this research. It was expected for help and solve any problems that happened to labours or the members of Komite Pusat Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia, including of industrial relation dispute problems. The purpose of this study is to describe the roles performed by the labour union Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia in industrial relations dispute resolution and what factors are able to support and hinder the process. The research method used is qualitative descriptive method, which is depiction and describes data systematicaly. To assist data collection, the researcher uses several methods such as observation method, interview method, and documentation method. Data analysis tool in this research is descriptive qualitative data analysis is the presentation of data in the form of writing and explain what it is in accordance with the data obtained from the research. The results of this study show the labour union Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia acts in industrial relations dispute resolution including role of facilitative, role of education, role of representation, and role of technical. Factors in the process of Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia in industrial relations dispute resolution is influenced by supporting factors and obstacles. Where the factors that support is the factor of the members of Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia and goverment. While the inhibiting factors are company and members of Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia themselves.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/593/051907688
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 331 Labor economics > 331.8 Labor unions, labor-management bargaining and disputes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Oct 2020 23:44
Last Modified: 04 Oct 2020 23:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174011
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item