Implementasi Program Sistem Informasi Manajemen Profil dan Administrasi Desa (SIMPADE).

Sari, Mila Anggraini Puspita (2019) Implementasi Program Sistem Informasi Manajemen Profil dan Administrasi Desa (SIMPADE). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Salah satu prioritas pembangunan yang ada di kabupaten Kediri adalah pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan pemerintahan. penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) adalah penerapan suatu sistem dari pengelolaan sistem informasi administrasi kependudukan yang di dalamnya mengelola data-data kependudukan dimana data-data tersebut dianggap sangat penting sebagai identitas diri. adanya tuntutan dari dari pemerintah pusat bahwa pemerintahan desa harus mampu menjalankan komponen terpenting dari sistem pemerintahan yang dapat menunjang tersedianya kelengkapan, akurasi dan semua hal. Telah diatur dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang petunjuk pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis inovasi kebijakan publik dalam perspektif konseptual dan empiris dalam penerapan implementasi program Sistem Informasi Manajemen Profil dan Administrasi Desa (SIMPADE). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan implementasi Sistem Informasi Manajemen Profil dan Administrasi Desa (SIMPADE) secara sistematis, faktual, dan akurat. Sedangkan peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena obyek pada penelitian ini mempunyai kondisi yang alamiah. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder yang di dapat dari wawancara kepada pihak informan dan dokumen, arsip-arsip serta peraturan perundang-undangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi. Hasil penelitian menunjukkan sudah terdapat peningkatan pada pelaksanaan data dalam program SIMPADE secara kumulatif yang merupakan basis data kependudukan yang dimanfaatkan untuk memperlancar kegiatan penyelenggaraan pemerintahan,pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat dengan demikian keberhasilan implementasi program ditentukan oleh program yang dilaksanakan,organisasi pelaksana,kelompok sasaran dan faktor lingkungan yang saling berkaitan antaara satu faktor dengan faktor yang lain sehingga membentuk kesatuan.

English Abstract

This research is motivated by one of the development priorities in Kediri district is the use of information technology in the implementation of government. the application of the Population Administration Information System (SIAK) is the application of a system of management of population administration information systems in which it manages population data where these data are considered very important as self-identity. there is a demand from the central government that village government must be able to run the most important components of the government system that can support the availability of completeness, accuracy and all things. It has been regulated in Law Number 6 of 2014 concerning Villages. and Government Regulation Number 43 of 2014 concerning instructions for implementing Law Number 6 Year 2014 concerning Villages. Based on this background the purpose of this study is to find out and analyze public policy innovations in conceptual and empirical perspectives in the implementation of the Village Profile and Administration Management Information System (SIMPADE) program. The type of research used in this study is descriptive research using a qualitative approach. The researcher used a descriptive type of research with the aim of describing the implementation of the Village Profile and Administration Management Information System (SIMPADE) in a systematic, factual, and accurate manner. While researchers use a qualitative approach because the objects in this study have natural conditions. Sources of data in this study use primary data and secondary data obtained from interviews to informants and documents, archives and legislation. Data collection techniques carried out in this study were observation, interviews and documentation. Observation. The results showed that there had been an increase in the implementation of the data in the SIMPADE program cumulatively which was a population database that was used to facilitate the implementation of government activities, development and service to the community, thus the success of program implementation was determined by the programs implemented, implementing organizations, target groups and factors interconnected environment between one factor and another so as to form a unity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/591/051907686
Uncontrolled Keywords: Administrasi Kependudukan, implementasi Program, Pemerintahan, Pembangunan, Pelayanan.
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:34
Last Modified: 05 Aug 2020 07:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174009
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item