Implementasi 2D Skeletal Based Animation Engine Menggunakan Opengl

Al Firdaus, Mokhamad Zukhruf Mifta (2019) Implementasi 2D Skeletal Based Animation Engine Menggunakan Opengl. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam pembuatan animasi 2D, terdapat beberapa teknik yang cukup populer salah satunya adalah teknik skeletal-based animation. Teknik skeletal-based animation merupakan teknik animasi, dimana animator hanya membutuhkan potongan bagian dari karakter, kemudian disesuaikan letaknya sesuai dengan kerangka maya, teknik ini sama dengan teknik animasi pada 3D. Namun dalam perkembangannya, teknologi seperti motion capture maupun 3D laser scanner dalam pembuatan animasi 3D belum digunakan dalam pembuatan animasi 2D, terutama dengan teknik skeletal-based animation. Dan untuk menghasilkan animasi 2D dibutuhkan 50 hingga 300 animator untuk menggambar ribuan karakter dalam pose yang berbeda dengan menggunakan tangan, hal tersebut menyebabkan proses pembuatan animasi 2D menjadi melelahkan karena sebagian prosesnya dilakukan secara manual serta memakan waktu. Penilitian ini berfokus kepada implementasi 2D skeletal-based animation engine menggunakan OpenGL. Animation engine yang diimplementasikan menggunakan API OpenGL karena OpenGL merupakan API yang khusus digunakan untuk pengolahan grafis, baik 2D maupun 3D. Serta menggunakan sensor Kinect yang merupakan salah satu teknologi motion capture yang tidak memerlukan marker. Hasil dari penelitian menunjukkan hasil valid pada pengujian fungsionalitas untuk komponen AnimateFrame serta playImportKeyframe, hal ini menunjukkan bahwa animation engine berhasil diimplementasikan dengan menggunakan API OpenGL serta sensor Kinect dan dapat menghasilkan animasi dengan teknik skeletal-based animation.

English Abstract

one of them is skeletal-based animation technique. Skeletal-based animation is a technique where animator only needs parts form character, then adjust the location according to a virtual skeleton, this technique is the same as the animation technique in 3D. But in its development, motion capture or 3D laser scanner technology in making 3D animation have not been used for making 2D animation, especially with skeletal-based animation. And to produce 2D animation needs 50 to 300 animator to draw thousands of characters in different poses with human hands. This causes the animator mostly laborious and time-consuming in making animation. This research focuses on the implementation of 2D skeletal-based animation engine using OpenGL. Animation engine that is implemented using the OpenGL API because OpenGL is a specific API for graphics processing, both 2D and 3D. Also using a Kinect sensor which is one of motion capture technology that no need marker. The result of this research shows the valid result on functionality testing for AnimateFrame and playImportKeyframe component, it shows the animation engine successfully implemented by using OpenGL API and Kinect sensor and can produce animation with skeletal-based animation technique

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/606/051907798
Uncontrolled Keywords: Skeletal-based Animation, Animation Engine, OpenGL, Kinect
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.4 Systems programming and programs > 005.43 Systems programs > 005.433 71 Systems programs (Education)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:25
Last Modified: 09 Mar 2022 01:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173987
[thumbnail of Mokhamad Zukhruf Mifta Al Firdaus  (2)ok.pdf]
Preview
Text
Mokhamad Zukhruf Mifta Al Firdaus (2)ok.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item