Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Promo Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process-Simple Additive Weighting (AHP-SAW) (Studi Kasus : Geprek Kak Rose)

Tiony, Royan Krisnanda (2019) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Promo Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process-Simple Additive Weighting (AHP-SAW) (Studi Kasus : Geprek Kak Rose). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengambilan keputusan terhadap sebuah produk harus tepat guna dan sesuai dengan sasarannya agar bisnis yang sedang dikelola bisa terus bertahan dan bersaing di bidangnya. Salah satu bentuk pengambilan keputusan dari sebuah perusahaan yaitu melalui adanya Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Penerapan SPK dalam bisnis kuliner Geprek Kak Rose akan membantu perusahaan tersebut dalam menentukan keputusan pemilihan produk promo secara lebih cepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada guna membantu perusahaan agar tetap bersaing. Dalam penentuan produk promo tersebut, perusahaan menggunakan beberapa kriteria yang menjadi acuannya seperti Harga, Penjualan, Daya Tahan, dan Persediaan. Kriteria tersebut yang akan menjadi pedoman utama dalam SPK yang menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) – SAW (Simple Additive Weighting). Metode AHP digunakan untuk proses pembobotan kriteria tersebut, kemudian dilanjutkan dengan metode SAW untuk proses perangkingan kinerja terbaik berdasarkan semua alternatif yang ada. Untuk melihat kesesuaian terhadap SPK yang dibuat dengan keputusan manual dari pengguna, pada penelitian ini menggunakan pengujian korelasi Spearman yang menghasilkan nilai 0,737 yang berarti memiliki hubungan sangat kuat.

English Abstract

Decision making on a product must be taken appropriately and in line with company’s objectives so that a business will have a long product life cycle and win the market competition. One form of decision making undertaken by a company is through the process of Decision Support System (DSS). The DSS implementation in the culinary business Geprek Kak Rose will help the company in decision making process related to products promotion recommendation to be more accurate and faster to make the company reach target and stay competitive. In determining the product promotion, the company uses a number of criteria that are used as references such as Price, Sales, Durability, and Inventory. These criteria will be the main guideline in DSS using the AHP (Analytical Hierarchy Process) - SAW (Simple Additive Weighting) method. AHP method is used for the criteria weighting process, then proceed with the SAW method for the best performance ranking process based on all available alternatives. To see the suitability of DSS made with a manual decision from the user, this study uses a Spearman correlation test that produces a value of 0.737 which means it has a very strong relationship.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/605/051907797
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, AHP-SAW, pemilihan produk promo, kriteria, Spearman. Decision Support System, AHP-SAW, selection of promo products, criteria, Spearman.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:52
Last Modified: 09 Mar 2022 01:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173984
[thumbnail of Royan Krisnanda Tiony (2)ok.pdf]
Preview
Text
Royan Krisnanda Tiony (2)ok.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item