Percepatan pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap dalam Mewujudkan Pelayanan Prima (Studi di Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional Kab. Blitar)

Sari, Prisma Difta Cantika (2019) Percepatan pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap dalam Mewujudkan Pelayanan Prima (Studi di Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional Kab. Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau disingkat PTSL adalah progam baruuntuk menggantikan PRONA (Proyek Operasi Nasional Agraria) yang dibuat oleh Pemerintah bersama ATR/BPN untuk menjawab asumsi-asumsi masyarakat terkait pendaftaran tanah yang berbelit-belit, tidak transparan daninefisien. Percepatan Pendaftaran Sistematis Lengkap ini menggunakan sistem jemput bola yang berarti aparatur ATR/BPN sebagai pemberi pelayanan akan turun langsung mendatangi masyarakat selaku pemohon. Penulis mengambil lokasi di Kabupaten Blitar karena jumlah bidang tanah tercatat 704.682 bidang dan yang sudah terbit sertipikat hak atas tanahnya 219.002 bidang tanah atau masih sebesar 31 %, sehingga dengan adanya program Pendaftaran Tanah Sistimatik Lengkap pendaftaran tanah di Kab. Blitar bisa terdaftar menyeluruh. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, hal itu bertujuan untuk mendeskripsikan Percepatan Pendafaran Tanah Sistematis Lengkap dalam mewujudkan pelayanan prima di ATR/BPN Kab. Blitar. Dalam proses penerapannya terdiri Kesederhanaan proses pelayanan, Kejelasan dan kepastian biaya pelayanan, Keamanan dan kenyamanan pelayanan, Keterbukaan informasi pelayanan, efisiensi persyaratan pelayanan, Keadilan pelayanan, Ketepatan waktu pelayanan serta Faktor pendukung dan penghambat pelayanan PTSL. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti sendiri, pedoman wawancara dan perangkat penunjang yang digunakan pada saat peneliti melakukan observasi di lapangan. Metode analisis data peneliti mengacu pada model yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Berdasarkan hasil penelitian, pelayanan PTSL di Kabupaten Blitar pada dasarnya sudah bisa dikatakan pelayanan yang prima namun dibalik itu masih memiliki banyak penghambat seperti kekurangan sumberdaya manusia dan juga fasilitas seperti sarana prasarana yang masih belum memadai serta faktor cuaca dan iklim yang sangat berpengaruh terhadap proses pelayanan dikarenakan kebijakan PTSL ini menggunakan sistem jemput bola yang harus turun langsung ke lapangan. Disamping itu, ATR/BPN Kab Blitar dalam pelayanan PTSL akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang prima.

English Abstract

Acceleration Complate Systematic Land Registration or abbreviated as PTSL is a new progam to replace PRONA made by the Government together with the ATR / BPN to answer community assumptions regarding land registration that is convoluted, not transparent and inefficient. The Acceleration of Complete Systematic Registration uses a ball picking system, which means that the ATR / BPN apparatus as a servant will go directly to the community as the applicant. The author took the locus in Blitar Regency because the number of land parcels was recorded at 704,682 fields and the certificate of rights had been issued for the land with 219,002 parcels of land or still 31%, so that with the existence of a systematic land registration program complete land registration in the district Blitar can be registered thoroughly. This study uses a descriptive type with a qualitative approach, it aims to describe the Acceleration of Complete Systematic Land Registration in realizing excellent service at ATR / BPN Kab. Blitar. In the process of implementation consists of the simplicity of the service process, clarity and certainty of service costs, security and comfort of services, information disclosure services, efficiency of service requirements, fairness of service, timeliness of services and supporting and inhibiting factors of PTSL services. The data sources used are primary and secondary data. Data collection techniques conducted by researchers are observation, interviews, and documentation. The research instrument consisted of the researchers themselves, interview guidelines and supporting devices used when researchers conducted observations in the field. The data analysis method of the researcher refers to the model proposed by Miles, Huberman and Saldana. Based on the results of the study, PTSL services in Blitar Regency basically can be said to be excellent service but behind that it still has many obstacles such as lack of human resources and also facilities such as infrastructure that are still inadequate and weather and climate factors that greatly influence the service process due to This PTSL policy uses a ball picking system that must go directly to the field. Besides that, the ATR / BPN of Blitar Regency in the PTSL service will continue to strive to provide excellent service.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/564/051907485
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Prima, Pelayanan Publik, Administrasi Publik, Pendaftaran Tanah, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.3 Public administration of services related to domestic order
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Oct 2020 01:00
Last Modified: 06 Oct 2020 01:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173961
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item