Pengaruh Transfer Pricing dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018),

Hidayah, Muhammad Nur (2019) Pengaruh Transfer Pricing dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan mengingat betapa pentingnya laporan keuangan bagi suatu perusahaan. Manajemen memiliki peran yang krusial dalam penyusunan laporan keuangan yang memungkinkan manajer untuk melakukan manajemen laba. Kegiatan ini akan mendistorsi laba yang dilaporkan sehingga dapat memengaruhi kondisi keuangan perusahaan secara keseluruhan. Manajemen laba timbul akibat adanya agency problem type I. Masalah keagenan tipe I yang terjadi dapat berkembang menjadi masalah keagenan tipe II yang menyebabkan kebijakan yang diambil perusahaan hanya menguntungkan pemegang saham pengendali melaui transfer pricing. Selain itu, motivasi dilakukannya manajemen laba adalah pajak karena manajemen laba dapat memengaruhi besarnya pajak yang harus dibayarkan kepada pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh transfer pricing yang diproksikan dengan transaksi pihak berelasi dan perencanaan pajak yang diproksikan dengan effective tax rate terhadap manajemen laba yang diproksikan dengan revenue discretionary. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2015-2018 yang berjumlah 33 perusahaan yang dipilih menggunakan purposive sampling dan teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software Eviews10. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa transfer pricing dan perencanaan pajak berpengaruh signifikan dan positif terhadap manajemen laba. Koefisien determinasi sebesar 0,224 yang berarti variabel manajemen laba dapat dijelaskan oleh variabel transfer pricing dan variabel perencanaan pajak sebesar 22,4% dan sisanya sebesar 78,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

English Abstract

This research was conducted considering the importance of financial statements for a company. Management has a crucial role in preparing financial statements that enable managers to manage earnings. This activity will distort the reported earnings so it can affect the company's financial condition. Earnings management arises due to agency problem type I. The type I agency problem that occurs can develop into a type II agency problem that causes the policies taken by the company only benefit controlling shareholders through transfer pricing. In addition, the motivation to do earnings management is tax because earnings management can affect the amount of tax that must be paid to the government. The purpose of this study is to determine the effect of transfer pricing which is proxied by related party transactions and tax planning which is proxied by effective tax rate on earnings management which is proxied by revenue discretionary. This type of research is explanatory research with a quantitative approach. The sample in this study were 33 manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the period 2015-2018, selected using purposive sampling and analysis techniques using multiple linear regression with Eviews10. The results of this study indicate that transfer pricing and tax planning have a significant and positive effect on earnings management. The coefficient of determination is 0.224 which means that the earnings management variable can be explained by the transfer pricing variable and the tax planning variable by 22.4% and the remaining 78.6% is explained by other variables not discussed in this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/590/051907685
Uncontrolled Keywords: manajemen laba, transfer pricing, dan perencanaan pajak
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets > 352.44 Revenue administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:34
Last Modified: 02 Aug 2022 03:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173959
[thumbnail of Muhammad Nur Hidayah (2).pdf] Text
Muhammad Nur Hidayah (2).pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item