Penerapan Capital Asset Pricing Model Sebagai Dasar Keputusan Investasi Saham (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018).

Napitupulu, Ratna Yunita (2019) Penerapan Capital Asset Pricing Model Sebagai Dasar Keputusan Investasi Saham (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia telah memperlihatkan pertumbuhan ekonomi yang baik dibuktikan dengan terjadinya peningkatan secara konsisten pada realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) selama periode penelitian. Indeks Harga Saham mengalami fluktuasi akan tetapi volume dan frekuensi perdagangan saham terus mengalami peningkatan. Investor memerlukan prediksi dalam menentukan tingkat risiko yang akan dihadapi dan seberapa besar return yang akan diperoleh. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode Capital Asset Pricing Model sebagai dasar keputusan investasi saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan dari Capital Asset Pricing Model dan pengelompokan saham-saham yang tergolong efisien dan tidak efisien pada indeks LQ45 periode 2014-2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 70 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 19 perusahaan dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara risiko sistematis (βί) dengan tingkat pengembalian yang diharapkan [E(Rί)] bersifat positif dan linear. Pengelompokan saham dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 19 sampel saham perusahaan terdapat 10 saham yang tergolong dalam kelompok saham efisien dan 9 saham lainnya masuk dalam kelompok saham tidak efisien. Keputusan yang disarankan kepada investor adalah membeli saham perusahaan yang efisien dan menjual saham yang tidak efisien. Rekomendasi tambahan yang diberikan kepada investor adalah nilai dan urutan dividen tertinggi dari seluruh saham perusahaan yang dijadikan sampel penelitian sehingga investor dapat memaksimalkan keuntungan yang akan didapatkannya.

English Abstract

Indonesia has shown good economic growth as evidenced by the consistent increase in investment realization of Domestic Investment during the research period. Composite Index has fluctuations but the volume and frequency of stock trading continues to increase. Investors require predictions in determining the level of risk to be faced and how much return will be obtained. This research is conducted by applying the Capital Asset Pricing Model method as a basis for stock investment decisions. The purpose of this study was to find out how the application of the Capital Asset Pricing Model and the grouping of stocks classified as efficient and inefficient on the LQ45 index for the 2014-2018 period. This type of research is descriptive research. This study uses secondary data obtained from the official website of the Indonesia Stock Exchange. The population used in this study amounted to 70 companies. The sample used in this study amounted to 19 companies and the sampling technique was carried out by means of purposive sampling. Analysis of the data used is descriptive analysis. The results of the study show that the relationship between systematic risk (βί) and the expected rate of return [E (Rί)] is positive and linear. Stock grouping from the results of the study shows that from 19 samples of company shares there are 10 stocks classified as efficient stock groups and 9 other stocks in the inefficient stock group. The decision suggested to investors is to buy shares of companies that are efficient and sell inefficient stocks. An additional recommendation given to investors is the value and order of the highest dividends of all company shares that are used as research samples so that investors can maximize the profits they will get.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/584/051907554
Uncontrolled Keywords: Capital Asset Pricing Model, Tingkat Pengembalian, Risiko, Saham Efisien, Saham Tidak Efisien
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.6 Investment > 332.63 Specific forms of investment > 332.632 Securities, real estate, commodities > 332.632 2 Stocks (Shares)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:03
Last Modified: 18 Aug 2020 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173942
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item