Setyono, Wiweko Kaayom Widhi (2019) Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Posisi Coffee Di Kota Gresik, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Peningkatan konsumsi kopi menjadi salah satu penyebab aspek dalam kehidupan sosial ikut berubah. Hal ini tidak terlepas dari perkembangan poenduduk. Pertambahan penduduk tentu menjadi salah satu faktor pendukung dalam berkembangnya fasilitas-fasilitas kota yang secara langsung dapat memberikan tindakan sosial masyarakat untuk memanfaatkan segala sesuatu yang ada. Salah satunya fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yaitu Coffee Shop. Coffee Shop memiliki fungsi yang dapat digunakan sebagai suatu tempat yang diperuntukkan bagi para pecinta kopi dan penikmat kopi, dimana terdapat tempat proses pengolahan khusus dari biji kopi hingga diolah kembali menjadi minuman yang siap untuk diperjual belikan dan disajikan. Namun pada saat ini, Coffee Shop menjadi salah satu alternatif masyarakat untuk beraktifitas dalam memperluas jaringan, rapat, berkumpul dengan teman, serta pertemuan dengan rekan bisnis. Oleh karena itu, Coffee Shop kini menjadi salah satu tempat yang dapat berfungsi sebagai salah satunya sarana masyarakat kota dalam membentuk suatu gaya hidup baru.. Coffee Shop yang terdapat di Kota Gresik saat ini. Penelitian ini menggunakan tiga alat analisis, yakni analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA), dan Costumer Satisfaction Index (CSI). Dengan pengambilan jumlah responden sebanyak 102 responden. Importance Performance Analysis (IPA) merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut. Pada penelitian ini tingkat kepuasan konsumen dapat diukur melalui tingkat kepentingan yang dapat mewakili harapan dari konsumen dan tingkat kinerja dari atribut restoran yang dinilai. Tingkat kepentingan dan kinerja dapat dinilai dengan menggunakan nilai skor skala lima tingkat (Likert). Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk menentukan tingkat kepuasan ii pelanggan secara menyeluruh dengan pendekatan yang mempertimbangkan tingkat kepentingan dari variabel-variabel yang diukur. Hasil dari penelitian antara lain Proses bauran pemasaran yang dianggap penting oleh Posisi Coffee yaitu bauran pemasaran pada atribut kehigienisan dan kelengkapan minum, keramahan dan kesopanan pramusaji, kecepatan penyajian, kecepatan bertransaksi, lokasi kafe yang strategis, kemudahan untuk menjangkau lokasi, kenyamanan tempat, kebersihan tempat, ketersediaan dan kebersihan toilet, dan dekorasi tempat. Dari hasil pada saat penelitian atribut tersebut layak untuk dipertahankan prestasinya Nilai dari Costumer Satisfaction Index (CSI) sebesar 86,2 % menunjukkan bahwa nilai CSI Posisi Coffee terletak pada rentang 80% - 100% merupakan kriteria “sangat puas”.
English Abstract
The increase in coffee consumption is one cause of aspects in social life also changing. This is inseparable from the development of population. Population growth will certainly be one of the supporting factors in the development of city facilities that can directly provide community social action to take advantage of everything that exists. One of the facilities that can be utilized by the community is Coffee Shop. Coffee Shop has a function that can be used as a place intended for coffee lovers and coffee connoisseurs, where there is a special processing place from coffee beans to reprocessing into drinks that are ready to be traded and served. But at this time, Coffee Shop became one of the community alternatives for activities in expanding the network, meeting, gathering with friends, and meeting with business partners. Therefore, the Coffee Shop has now become one of the places that can function as one of the means by which the city community in shaping a new lifestyle. Coffee Shop in the City of Gresik right now. This study uses three analytical tools, namely descriptive analysis, Importance Performance Analysis (IPA), and Customer Satisfaction Index (CSI). By taking the number of respondents as much as 102 respondents. Importance Performance Analysis (IPA) is a method used to measure the level of consumer satisfaction with the level of importance and the level of performance attributes. In this study the level of customer satisfaction can be measured through the level of importance that can represent the expectations of consumers and the level of performance of the attributes of the restaurant being assessed. The level of importance and performance can be assessed using a five-level scale score (Likert). Customer Satisfaction Index (CSI) is used to determine the level of overall customer satisfaction with an approach that considers the importance of the variables measured. The results of the study include the marketing mix process that is considered important by the Posisi Coffee namely marketing mix on hygiene attributes and completeness of drinking, hospitality and courtesy waitress, speed iv of presentation, transaction speed, strategic location of the cafe, ease of reaching locations, convenience of place, cleanliness of the place , availability and cleanliness of toilets, and place decoration. From the results at the time of the study these attributes were worthy to be maintained. The value of the Customer Satisfaction Index (CSI) of 86.2% showed that the value of CSI Posisi Coffee located in the range of 80% - 100% was the criterion "very satisfied".
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2019/772/051907719 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 08:52 |
Last Modified: | 15 Oct 2019 08:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173855 |
Actions (login required)
View Item |