Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Bubuk (Studi Kasus Pada Agroindustri Kelompok Tani “Tani Harapan” Di Desa Amadanom,Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur)

Vasilawati, Riris (2019) Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Bubuk (Studi Kasus Pada Agroindustri Kelompok Tani “Tani Harapan” Di Desa Amadanom,Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Agroindustri Kelompok Tani “Tani Harapan” merupakan salah satu industri pengolahan kopi yang berada di Kabupaten Malang. Agroindustri ini memproduksi kopi jenis robusta untuk dijadikan kopi bubuk. Kendala yang dialami oleh Agroindustri Kelompok Tani “Tani Harapan” adalah nama merek produk yang mengalami pergantian nama, kurangnya promosi produk, dan lokasi pemasaran produk yang masih terbatas. Permasalahan yang terjadi ini membuat perlu adanya analisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian kopi bubuk. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu (1) Menganalisis sikap konsumen terhadap atribut yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian kopi bubuk di Agroindustri Kelompok Tani “Tani Harapan”, (2) Menganalisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian kopi bubuk di Agroindustri Kelompok Tani “Tani Harapan”. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive dalam penentuan lokasi penelitian. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar lima puluh konsumen kopi bubuk. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data primer serta data sekunder. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis Cochran Q Test, uji validitas, uji reliabilitas, model Multiatribut Fisbein dan model Theory Of Reasoned Action. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa dari sepuluh atribut yang digunakan, hanya lima atribut yang dinyatakan valid dan dipertimbangkan konsumen yaitu rasa, aroma, harga, komposisi, dan informasi kadaluarsa. Hasil analisis sikap konsumen menujukan bahwa mayoritas konsumen memiliki sikap positif sebesar 22 responden. Sedangkan dari hasil analisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian yaitu mayoritas konsumen memiliki maksud perilaku untuk membeli kopi bubuk sebesar 16 responden, namun sebagian besar konsumen juga memutuskan untuk ragu-ragu membeli yaitu sebesar 13 responden. Hubungan sikap dan perilaku konsumen dapat disimpulkan bahwa responden yang memiliki sikap positif terhadap atribut produk diikuti dengan perilaku membeli produk kopi bubuk. Pihak Agroindustri sebaiknyamenambahkan hari daan tanggal di informasi kadaluarsa, mencantumkan informasi komposisi di label kemasan, dan memperhatikan ketersediaan produk di Perhutani Malang dan BBIB Peternakan.

English Abstract

Coffe is one of the most popular drinks by Indonesia people. Agroindustry of "Tani Harapan" Farmers Group is one of the coffee processing industries in Malang Regency. This agroindustry produces robusta coffee to be used as coffee powder. The constraints experienced by Agroindustry of "Tani Harapan" Farmers Group are product brand names that experience name changes, lack of product promotion, and limited product marketing locations. This problem makes it necessary to analyze consumer behavior towards the decision to purchase coffee powder. Based on the problems that occur, this study has two objectives, to (1) Analyze consumer attitudes towards attributes considered in purchasing coffee powder decisions in Agroindustry of "Tani Harapan" Farmer Group, (2) Analyze consumer behavior towards purchasing coffee powder decisions in Agroindustry of "Tani Harapan" Farmer Group. This research is a study that uses a quantitative approach. This study used a purposive technique in determining the location of the study. Determination of respondents in this study using the Accidental Sampling method, the number of samples used in this study amounted to fifty consumers of coffee powder. The data collection method used in this study is to use primary data and secondary data. Data analysis methods used were Cochran Q Test analysis, validity test, reliability test, Fisbein Multiattribute model and Theory of Reasoned Action model. The results of this study show that ten attributes used, only five attributes that were declared valid and considered by consumers were flavor, aroma, price, composition, and expired information. The results of the analysis of consumer attitudes indicate that the majority of consumers have a positive attitude of 22 respondents. Whereas from the results of the analysis of consumer behavior on purchasing decisions, the majority of consumers have behavioral intentions to buy coffee powder by 16 respondents, but most consumers also decide to hesitate to buy that is equal to 13 respondents. The relationship between attitudes and consumer behavior can be concluded that respondents who have a positive attitude towards product attributes are followed by the behavior of buying coffee powder products. Agroindustry shouldadd days and dates on expired information, include composition information on packaging labels, and pay attention to product availability at Perhutani Malang and BBIB Peternakan Singosari.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/666/051907440
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 31 Oct 2019 03:00
Last Modified: 31 Oct 2019 03:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173790
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item