Analisis Manajemen Strategi Perusahaan pada PT. Indonesia Oppo Electronic

Anisah, Vania Ayu (2019) Analisis Manajemen Strategi Perusahaan pada PT. Indonesia Oppo Electronic. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penjualan smartphone di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. PT. Indonesia Oppo Electronics telah menjalankan beberapa strategi untuk penjualan smartphone dengan merk dagang Oppo untuk menjadi market leader smartphone namun kenyataanya Oppo belum menempati urutan pertama pangsa pasar di Indonesia Oleh karena itu, pada penelitian kali ini peneliti ingin mengidentifikasi faktor apa saja yang berpengaruh pada penjualan produk Oppo smartphone sehingga dapat membuat strategi baru untuk penjualan produk Oppo smartphone. Tahap pertama yang dilakukan pada penelitian ini adalah mengidentifikasi atribut faktor internal dan eksternal yang berpengaruh pada penjualan produk Oppo smartphone. Selanjutnya, atribut faktor tersebut dimasukkan dalam matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan matriks Eksternal Factor Evaluation (EFE) kemudian masing-masing diberi bobot dan rating kemudian diperoleh skor untuk matriks IFE sebesar 2.665 dan skor pada matriks EFE sebesar 3,105. Selanjutnya skor tersebut dimasukkan dalam matriks Internal-Eksternal dan didapatkan posisi perusahaan berada kuadran II yaitu keadaan Grow and Build sehingga strategi yang cocok dijalankan adalah Market Penetration, Product Development dan Forward Integration. Lalu dibuat alternatif strategi untuk masing-masing tipe strategi dengan menggunakan matriks SWOT. Untuk memilih strategi utama yang akan dijalankan perusahaan maka strategi-strategi yang telah didapatkan dimasukkan dalam matriks Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) yang kemudian masing-masing strategi di beri skor daya tarik pada tiap atributnya dan kemudian dijumlahkan. Sehingga didapatkan skor untuk strategi Market Penetration sebesar 4,55 lalu untuk strategi Product Development sebesar 3,69 dan untuk strategi Forward Integration sebesar 3,21. Maka strategi utama yang akan dijalankan perusahaan yaitu Market Penetration yaitu dengan melakukan kegiatan promosi melalui media sosial, kemudian bekerja sama dengan pemerintah, intansi maupun komunitas untuk menjadi sponsor acara yang berhubungan dengan fotografi hal ini berhubungan dengan tagline oppo smartphone yaitu “camera phone”. Strategi selanjutnya yaitu mendisplay lebih banyak produk oppo smartphone dengan meletakkan oppo smartphone pada titik tertentu di toko menggunakan rak milik Oppo sendiri yang di desain dengan menarik. Strategi terakhir adalah menggunakan brand ambassador yang berkaitan dengan fotografi

English Abstract

Smartphone sales in Indonesia continue to increase every year. PT. Indonesia Oppo Electronics has implemented several strategies for selling smartphones with the trademark Oppo to become the market leader of smartphones but in fact Oppo has not been ranked first in the market share in Indonesia. Therefore, in this study researchers want to identify what factors influence the sale of Oppo products. Smartphones so they can create new strategies for selling Oppo smartphone products. The first step carried out in this study was to identify the attributes of internal and external factors that influence the sale of Oppo smartphone products. Furthermore, the factor attributes are included in the Internal Factor Evaluation (IFE) matrix and the External Factor Evaluation (EFE) matrix, then each is given a weight and rating, then the score for the IFE matrix is 2.665 and the EFE matrix score is 3.105. Furthermore, the score is included in the Internal-External matrix and it is found that the company's position is quadrant II, namely the condition of Grow and Build so that the suitable strategy is Market Penetration, Product Development and Forward Integration. Then a strategy alternative is made for each type of strategy using the SWOT matrix. To choose the main strategy that will be carried out by the company, the strategies that have been obtained are included in the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) matrix, which then scores each attraction on each of its attributes and then adds up. So that the score for the Market Penetration strategy is 4.55 and for the Product Development strategy is 3.69 and for the Forward Integration strategy is 3.21. Then the main strategy that will be implemented by the company is Market Penetration, namely by conducting promotional activities through social media, then working with the government, institutions and communities to sponsor photography-related events, this is related to the oppo smartphone tagline namely "camera phone". The next strategy is to display more Oppo smartphone products by putting Oppo smartphones at a certain point in the store using Oppo's own shelves that are designed attractively. The last strategy is to use brand ambassadors related to photography.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/24/051904504
Uncontrolled Keywords: Analisis Strategi Penjualan, Matriks IE, Matriks SWOT, Matriks QSPM, IE Matrix, QSPM Matrix, Sales Strategy Analysis, SWOT Matrix
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Oct 2020 00:14
Last Modified: 08 Mar 2022 07:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173763
[thumbnail of Vania Ayu AnisahOK.pdf]
Preview
Text
Vania Ayu AnisahOK.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item