Penerapan Target Costing sebagai Alat Bantu Perencanaan Biaya pada Pemasaran Online dan Offline di UMKM Keripik Singgasari, Kabupaten Malang

Nihan, Buchori Waya (2019) Penerapan Target Costing sebagai Alat Bantu Perencanaan Biaya pada Pemasaran Online dan Offline di UMKM Keripik Singgasari, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UMKM Keripik Singgasari merupakan salah satu unit usaha yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan. UMKM Keripik Singgasari memasarkan produknya dengan sistem penjualan offline dan online. Media sosial seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp digunakan oleh unit usaha ini untuk mempromosikan produknya. Kendala yang dialami oleh UMKM Keripik Singgasari adalah tidak tercapainya laba yang diinginkan oleh perusahaan. Hal ini dikarenakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan belum efisien. Biaya besar yang dikeluarkan oleh perusahaan dikarenakan adanya permasalahan dalam pemerolehan bahan baku yang cukup sulit dan bergantung dengan musim yang sedang berlangsung. Permasalahan yang terjadi ini membuat perlu adanya perhitungan efisiensi biaya untuk menekan biaya produksi perusahaan. berdasarkan permasalahan yang terjadi, penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu Mengetahui perkembangan sistem pemasaran yang telah dilakukan oleh UMKM Keripik Singgasari secara Online maupun Offline, menganalisis perhitungan biaya serta perhitungan laba yang diterima oleh perusahaan dan Menganalisis perbandingan hasil perhitungan biaya dan laba dengan menggunakan metode Standard Costing dan Target Costing pada UMKM Keripik Singgasari. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive dalam penentuan lokasi penelitian. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive dikarenakan jawaban dari responden hanya bisa didapatkan dari pemilik usaha. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data primer serta data sekunder. Data primer yang dimaksud adalah data mengenai kegiatan pemasaran online dan offline yang telah dilakukan oleh perusahaan, serta data mengenai biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi. sedangkan data sekunder yang dimaksud adalah data pencatatan biaya, data pencatatan jumlah produksi dan data pencatatan jumlah produk terjual. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan perbandingan antara penjualan produk secara online dan offline memperlihatkan hasil persentase penjualan produk secara online adalah sebesar 89.78% dan pemasaran offline sebanyak 10.22% pada produk keripik pisang serta pemasaran secara online sebesar 88.66% dan pemasaran secara offline sebesar 11.34% pada produk keripik singkong. Hasil perbandingan biaya dan laba untuk metode standard costing menunjukkan biaya produksi keripik pisang yang dihasilkan adalah sebesar Rp 5.845/kemasan dan margin laba sebesar 41.55%. Sedangkan untuk metode target costing, biaya yang dihasilkan adalah sebesar Rp 4.717/kemasan dengan margin laba sebesar 52.83%. Kemudian biaya produksi keripik singkong dengan metode standard costing adalah sebesar Rp 5.025/kemasan dengan margin 40.88% dan metode standard costing sebesar Rp 4.131/kemasan dengan margin 51.40%. Penerapan metode target costing mampu menekan biaya produksi keripik dan dapat meningkatkan laba perusahaan. Sehingga laba yang diingnkan oleh pemilik usaha dapat tercapai.

English Abstract

UMKM Keripik Singgasari is market their products with offline and online sales systems. Social media like Facebook, Instagram and Whatsapp are used by this business unit to promote their products. The obstacle experienced by UMKM Keripik Singgasari is not achieving the desired profit by the company. This is because the costs incurred by the company have not been efficient. Large costs incurred by the company due to the existence of problems in the acquisition of raw materials that are quite difficult and depend on the ongoing season. These problems make it necessary to calculate cost efficiency to reduce the company's production costs. based on the problems that occur, this study has three objectives, namely Knowing the development of marketing systems that have been carried out by UMKM Keripik Singgasari Online and Offline, analyzing the calculation of costs and calculation of profits received by the company and Analyzing the comparison of cost and profit calculation using the Standard Costing and Target Costing for UMKM Keripik Singgasari.. This research is a study using a quantitative approach. This study used a purposive technique in determining the location of the study. Determination of respondents in this study using a purposive technique because the answers from respondents can only be obtained from business owners. The method of data collection in this study is to use primary data and secondary data. The primary data in question is data about the online and offline marketing activities that have been carried out by the company, as well as data regarding the costs incurred in the production process. while the secondary data in question is data recording costs, data recording the amount of production and recording data on the number of products sold. The results of this study show that the comparison between product sales online and offline shows that the percentage of online product sales is 89.78% and offline marketing is 10.22% in banana chips products and online marketing is 88.66% and offline marketing is 11.34% on products. cassava chips. The results of the cost and profit comparison for the standard costing method show that the production cost of banana chips produced is Rp. 5,845 / packaging and the profit margin is 41.55%. As for the target costing method, the resulting cost is Rp 4,717 / package with a profit margin of 52.83%. Then the cost of producing cassava chips with the standard costing method is Rp. 5,025 / package with a margin of 40.88% and the standard costing method is Rp. 4,131 / package with a margin of 51.40%. The application of target costing methods can reduce the cost of producing chips and can increase company profits. So that the profits desired by the business owner can be achieved.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/635/051907409
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.5 General production economics > 338.51 Costs
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:19
Last Modified: 24 Aug 2020 07:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173700
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item