Pangestu, Theo (2019) Tingkat Kepuasan dan Faktor yang Menumbuhkan Loyalitas Petani terhadap Produk Benih Jagung Pakan di Desa Bendo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Neraca dagang produk makanan hewani terutama ayam di indonesia selalu mengalami defisit dalam lima tahun terakhir. Permintaan dari konsumsi ayam dalam negeri tidak diimbangin dengan produksi yang mencukupi. Kualitas pakan ayam merupakan salah satu penyebab produksi dari daging ayam tidak optimal. Jagung merupakan sumber energi utama bahan pakan ayam dengan segala nutrisi yang dikandungnya. Tuntutan untuk meningkatkan produksi jagung pakan membuat pasar benih jagung pakan menjadi pasar yang potensial bagi produsen benih. Desa Bendo sebagai salah satu daerah sentra produksi jagung pakan memiliki fenomena yang menunjukkan adanya dominasi besar dari salah satu merek benih jagung pakan yaitu Bisi-18. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini ialah, (1) Menganalisis kesesuaian tingkat kinerja terhadap tingkat kepentingan petani pada atribut benih jagung pakan di Desa Bendo, (2) Mengidentifikasi tingkat kepuasan petani di Desa Bendo (3) Mengidentifikasi faktor-faktor yang menumbuhkan loyalitas petani jagung pakan terhadap produk benih jagung pakan Bisi-18 di Desa Bendo, dan (4) Menganalisis peran tingkat kepuasan sebagai variabel dalam menumbuhkan loyalitas petani terhadap produk benih jagung pakan di Desa Bendo. Penelitian dilakukan kepada 69 petani sebagai sampel dari populasi petani jagung pakan di Desa Bendo. Metode analisis yang digunakan antara lain ialah (1) Importance Performance Analysis (IPA), (2) Customer Satisfaction Index (CSI), dan (3) Principal Component Analysis (PCA). Keseluruhan analisis dilakukan dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel 2016 dan SPSS versi 25. Hasil dari analisis IPA dan CSI menunjukkan secara umum bahwa petani jagung pakan di Desa Bendo sangat puas dengan produk benih jagung pakan Bisi-18, (CSI: 77,26%). Terdapat 4 atribut yang perlu diperbaiki, yakni : produktivitas, daya tumbuh, ketahanan hama penyakit, dan umur panen. Melalui analisis PCA, terbentuk 4 faktor yang menumbuhkan loyalitas petani terhadap produk benih jagung pakan Bisi-18 yaitu faktor asset usahatani, faktor adopsi inovasi, faktor citra merek, dan faktor karakteristik petani. Melalui analisis ini juga diketahui bahwa kepuasan tidak menjadi faktor yang paling dominan dalam menumbuhkan loyalitas petani terhadap produk benih jagung pakan di Desa Bendo.
English Abstract
The trade balance of animal food products, especially chickens in Indonesia has always experienced a deficit in the last five years. The demand from domestic chicken consumption is not balanced with sufficient production. The quality of chicken feed is one of the causes of the production of chicken meat is not optimal. Corn is the main energy source of chicken feed ingredients with all the nutrients they contain. Demands to increase corn feed production make the corn seed market a potential market for seed producers. Bendo Village as one of the corn feed production centers has a phenomenon that shows a large dominance of one of the brands of feed corn seeds, namely Bisi-18. Based on this background, the purpose of this study is, (1) To analyze the suitability of the level of performance to the level of farmer interest in the attributes of feed corn seeds in Bendo Village, (2) Identify the level of satisfaction of farmers in Bendo Village (3) Identify factors that foster loyalty feed corn farmers on corn seed products from Bisi-18 in Bendo Village, and (4) Analyze the role of satisfaction level as a variable in growing farmer loyalty to feed corn seed products in Bendo Village. The study was conducted on 69 farmers as a sample of the population of feed corn farmers in Bendo Village. The analytical methods used include (1) Importance Performance Analysis (IPA), (2) Customer Satisfaction Index (CSI), and (3) Principal Component Analysis (PCA). The overall analysis was carried out with the help of Microsoft Excel 2016 and SPSS version 25 applications. The results of the IPA and CSI analysis showed that in general the feed corn farmers in Bendo Village were very satisfied with the Bisi-18 corn seed product, (CSI: 77.26%). There are 4 attributes that need to be improved, productivity, growth power, disease resistance, and harvest age. Through PCA analysis, there were 4 factors that fostered farmer loyalty towards Bisi-18 seed product, namely farming asset factors, innovation adoption factors, brand image factors, and farmer characteristic factors. Through this analysis, it is also known that satisfaction is not the most dominant variable in growing farmer loyalty to feed corn seed products in Bendo Village.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2019/516/051907289 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.17 Products > 338.173 15 Products (Corn) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 07:19 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 07:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173689 |
Actions (login required)
View Item |