Perencanaan Terowongan Pengelak pada Bendungan Kualu Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatra Utara

Rofikha, Afan Allail (2019) Perencanaan Terowongan Pengelak pada Bendungan Kualu Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatra Utara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bangunan pengelak terdiri dari terowongan pengelak dan bendungan pengelak. Bangunan yang harus dibangun pada awal konstruksi sebuah bendungan memiliki fungsi untuk mengalihkan aliran air sungai selama periode pembangunan bendungan. Perencanaan terowongan pengelak Bendungan Kualu didesain menggunakan bentuk tapal kuda shape F , hulu terowongan berada di kedalaman 41,625 dan elevasi dasar hulu +695,5. Dalam studi ini dilakukan penelusuran banjir dengan debit banjir kala ulang 25th sebesar 709,331 m3/dt dan didapatkan diameter terowongan 9 m, kemudian direncanakan cofferdam setinggi 15 m. Dilakukan perhitungan pembebanan dan dihitung 4 kombinasi pembebanan yaitu kondisi setelah dibangun, kondisi setelah dibangun (gempa), kondisi setelah beroperasi, dan kondisi setelah beroperasi (gempa). Hasil kombinasi pembebanan dilakukan perhitungan momen menggunakan metode Beggs dan metode Staad Pro. Dilakukan analisa pemilihan momen maksimum yang kemudian digunakan untuk perhitungan penulangan pada terowongan.

English Abstract

Diversion building consists of diversion tunnel and Cofferdam. The building should built in the early construction of the dam, have function to divert the river flow during the period of dam construction. The plans of Kualu dam diversion tunnel designed using horseshoe shape F, upstream of the tunnel at a depth of 41.625 and upstream elevation + 695.5. In this study there was flood routing with Q25th which is 709,331 m3/s and obtained using a 9 m diameter, then a cofferdam is planned to built as high as 15 m. Based on the calculation of loading and calculated four load combinations, they are : conditions after being built, conditions after being built (with earthquake), conditions after operation, and conditions after operation (with earthquake). The results of the load combinations, moment calculation obtained using Beggs method and Staad Pro method. There is an analysis to choose the maximum moment, then it used to calculate reinforcement in the tunnel.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/568/051905236
Uncontrolled Keywords: Terowongan Pengelak, kombinasi pembebanan, momen maksimum, penulangan. Diversion Tunnel, Load Combination, Maximum Moment, Reinforcement.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.8 Dams and reservoirs
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Oct 2019 04:03
Last Modified: 20 Dec 2021 03:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173648
[thumbnail of Afan Allail Rofikha.pdf]
Preview
Text
Afan Allail Rofikha.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item