Fitria, Rima Ning (2019) Struktur, Perilaku, dan Kinerja Pasar Pisang Candi (Studi Kasus di Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pisang merupakan komoditas buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia baik dalam keadaan buah segar maupun dalam bentuk produk olahan. Pemasaran pisang umumnya melalui beberapa saluran pemasaran yang melibatkan beberapa lembaga pemasaran. Sistem pemasaran tersebut menyebabkan banyaknya lembaga pemasaran yang terlibat dalam kegiatan pemasaran sehingga meningkatkan panjangnya rantai pemasaran dan tingginya biaya pemasaran. Kondisi serupa juga terjadi di Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang. Meskipun sebagai salah satu daerah penghasil pisang candi, tetapi masih terdapat kendala dalam pemasaran pisang candi. Keterbatasan petani dalam mengakses informasi menjadikan petani kesulitan untuk memaksimalkan keuntungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui struktur, perilaku dan kinerja pasar pisang candi. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang pada bulan Maret 2019. Penentuan responden petani menggunakan metode simple random sampling, sedangkan responden lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Untuk menganalisis struktur pasar dilakukan pengukuran terhadap derajat konsentrasi dengan alat analisis IHH, CR4, dan IR, barrier to entry, tingkat pengetahuan pasar serta diferensiasi produk. Untuk menganalisis perilaku pasar dilakukan analisis terhadap penentuan harga, saluran pemasaran, tindakan predatory dan fungsi pemasaran. Untuk menganalisis kinerja pasar dilakukan analisis terhadap marjin pemasaran, share harga petani, share biaya pemasaran, share keuntungan, dan R/C ratio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur pasar pisang candi di Kecamatan Tempursari merujuk pada struktur pasar oligopoli. Adapun ciri-cirinya yaitu konsentrasi penjual sedikit, menghasilkan barang standar maupun berbeda corak, tidak ada hambatan yang berarti untuk masuk pasar, dan pengetahuan pasar yang dimiliki petani bisa dikatakan rendah. Perilaku pasar pisang candi yang terbentuk yaitu penentuan harga jual pisang candi lebih dikuasai oleh pedagang. Terdapat dua saluran pemasaran pisang candi di Kecamatan Tempursari, yaitu sebagian besar petani menjual pisang candi pada tengkulak, dan sebagian lain menjualnya langsung pada pedagang antar daerah. Sebagian tengkulak melakukan tindakan yang merugikan petani dalam menentukan harga pisang candi. Analisis kinerja pasar menunjukkan marjin pemasaran terkecil dimiliki oleh saluran pemasaran II dengan share harga yang diterima petani paling tinggi. Nilai rata-rata share keuntungan tertinggi dimiliki oleh pedagang antar daerah. R/C ratio tertinggi di miliki oleh pedagang antar daerah pada saluran pemasaran II. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa saluran pemasaran II lebih efisien dari pada saluran pemasaran I.
English Abstract
Bananas are the most consumed fruit by the Indonesia's people both as a fresh fruit and processed products. Marketing of bananas generally through several marketing channels that involving several marketing agents. Those marketing system has caused many marketing agencies to be involved so that increasing the length of the marketing chain and high marketing costs. Similar conditions also occured in Tempursari District, Lumajang Regency. Although as one of the pisang candi producing areas, there are obstacles in marketing pisang candi. Limitations of farmers accessing information make it difficult for farmers to maximize their profits. The objective of this study is to determine the structure, conduct and performance of the pisang candi market. This research was conducted in Tempursari District, Lumajang Regency in March 2019. Determination of farmer respondents using the simple random sampling method, while the marketing agency respondents use the snowball sampling. Data analysis in this research is descriptive analysis and quantitative analysis. To analyze the market structure, concentration was measured by IHH, CR4, and IR analysis, and also analyze barrier to entry, market knowledge and product differentiation. Market conduct approach is using descriptif qualitatif about analysis of pricing, marketing channels, predatory actions and marketing functions. While market performance approach is using marketing margins analysis in this case based on the concept of the product reference, farmer's share, costs share, profits share, and R/C ratio. The result of this research showed that structure of pisang candi market in Tempursari District aimed at imperfect market competition, that is oligopoly. The characteristics are the small concentration of sellers, produce standard or different goods, there are no barrier to entry the market, and market knowledge of farmers are low. Market conduct showed that the determination of the selling price of pisang candi which are controlled by traders. There are two marketing channels for pisang candi in Tempursari District, where most farmers sell pisang candi to middlemen, and some other sell to inter-regional traders. There are tactics that are done by middleman to weaken the farmer, while farmer is only as price taker. Market performance analysis shows that the smallest marketing margin is owned by marketing channel II with the highest farmer's share. The average of the highest profits share is owned by traders between regions. The highest R/C ratio is owned by traders between regions in the marketing channel II. Based on that explanation, the most efficient pisang candi marketing channel is at the channel II.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2019/521/051907295 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 634 Orchards, fruits, forestry > 634.7 Berries and herbaceous tropical and subtropical fruits > 634.77 Herbaceous tropical and subtropical fruits > 634.772 Bananas |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 03:09 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 06:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173634 |
Text
Rima Ning Fitria.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |