Kinerja Ruang Jalan Untuk Pejalan Kaki (Studi Kasus Jalan Bendungan Sutami, Kota Malang)

Pratomo, Rizki (2019) Kinerja Ruang Jalan Untuk Pejalan Kaki (Studi Kasus Jalan Bendungan Sutami, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang sebagai salah satu kota besar di Indonesia sudah sepantasnya menjadi percontohan bagi berbagai kota lainnya dalam hal penyediaan fasilitas publik. Salah satunya adalah jalur pejalan kaki. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kinerja ruang pejalan kaki di Jalan Bendungan Sutami, Kota Malang. Hal ini menjadi penting sebab berjalan kaki merupakan moda transportasi yang paling mendasar dalam kegiatan transportasi. Setiap kegiatan transportasi yang melibatkan berbagai moda pasti juga melibatkan kegiatan berjalan kaki. Salah satu koridor yang vital di Kota Malang adalah koridor Jalan Bendungan Sutami. Koridor ini menghubungkan beberapa perguruan tinggi di Kota Malang, serta menjadi akses bagi masyarakat menuju berbagai jenis guna lahan di sekitarnyai. Penelitian ini berfokus pada tingkat pelayanan jalur pejalan kaki di Jalan Bendungan Sutami Kota Malang. Untuk mengetahui tingkat pelayanan jalur pejalan kaki, dibutuhkan data dan perhitungan karakteristik pejalan kaki yang kemudian dianalisis dengan metode analisis statistika deskriptif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa tingkat pelayanan jalur pejalan kaki di Jalan Bendungan Sutami memiliki skor LOS A, artinya jalur ini masih layak dilewati oleh pejalan kaki.

English Abstract

Malang as one of the biggest city in Indonesia deserves to be looking up at by any other cities in terms of providing public services. One of the most important aspects of public services is pedestrian way. The main aim of this research is the performance of pedestrian room on Bendungan Sutami Street, Malang. This could be really important because walking is really fundamental for transportation. All kind of transportation must include walking as one of its process. One of the vital corridors in Malang is Bendungan Sutami Street. This street is really important because it’s connecting some of universities that the City of Malang is famous of. This corridor also helping the community to access very much kind of land uses. This research focused on Bendungan Sutami Street’s pedestrian way Level of Service. The Level of Service score can be known by analyzing pedestrian characteristic aspects, such as flow, speed and density. From those aspects then we can find room available for pedestrians that will be compared to Level of Service Standard. The result of this research shows that Bendungan Sutami Street’s pedestrian way Level of Service reach the grade A. This result means that Bendungan Sutami street is still walkable for pedestrian.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/326/051904922
Uncontrolled Keywords: Pejalan Kaki, Pelayanan, Kinerja, Pedestrian, Services, Performance
Subjects: 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.7 Transportation facilities > 711.74 Pedestrian transportation facilities
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:26
Last Modified: 20 May 2022 02:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173633
[thumbnail of Rizki Pratomo.pdf] Text
Rizki Pratomo.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item