Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi di Amstirdam Coffee Malang: Theory of Planned Behavior, Promosi, dan Electronic Word of Mouth dalam Instagram.

Manogi, Natalia Cinthya (2019) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi di Amstirdam Coffee Malang: Theory of Planned Behavior, Promosi, dan Electronic Word of Mouth dalam Instagram. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dan sudah semakin maju di era globalisasi sangat berdampak langsung bagi masyarakat terutama dikalangan pemuda. Hal ini membuat para pelaku bisnis mulai memperkenalkan produk nya melalui media sosial khussunya Instagram. Dalam melakukan transaksi di Instagram, pelaku bisnis dapat berinteraksi secara langsung dengan pembeli. Begitu pula halnya dengan bisnis kopi yang dilakukan oleh Amstirdam Coffee, pihak Amstirdam Coffee melakukan promosi terhadap produk nya melalui Instagram agar menarik lebih banyak konsumen sehingga bisnis nya dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel Theory of Planned Behavior terhadap Keputusan Pembelian, serta pengaruh dari variabel Promosi dan Electronic Word of Mouth sebagai variabel yang mendukung atau memperkuat Niat Beli dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat analisis SEM-PLS menggunakan aplikasi WarpPLS 5.0. Responden pada penelitian ini adalah konsumen Amstirdam Coffee Malang yang mengikuti media sosial Amstirdam Coffee dan pernah melakukan pembelian produk Amstirdam Coffee. Hasil dari penelitian ini adalah variabel Theory of Planned Behavior memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan p value sebesar <0,001 yaitu <0,05. Pada variabel Theory of Planned Behavior, variabel yang memberikan kontribusi paling besar adalah variabel Sikap terhadap Niat Beli. Nilai r-square pada variabel Niat Beli adalah 63,4%. Hasil r-square dikatakan tinggi karena Niat Beli memiliki tiga variabel pendukung yaitu Sikap, Norma Subyektif dan Kontrol Perilaku yang memiliki nilai kontribusi cukup tinggi. Pada variabel moderasi Promosi dan Electronic Word of Mouth saat dihubungkan dengan variabel Niat Beli memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai p value sebesar <0,001 yaitu <0,05. Variabel moderasi ini dikatakan sebagai variabel moderasi semu yaitu berfungsi sebagai variabel penjelas dan memperkuat pengaruh Niat Beli terhadap Keputusan Pembelian. Nilai r-square pada variabel moderasi Promosi, Electrronic Word of Mouth dengan Niat Beli terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 48,4%. Nilai r-square mengalami penurunan dikarenakan variabel promosi dan electronic word of mouth tidak terlalu berperan besar dalam berkontribusi terhadap niat beli. Pengaruh promosi dan electronic word of mouth dikatakan tidak besar dikarenakan pada keadaan lapang, Amstirdam Coffee tidak memiliki promosi dengan berbagai macam jenis sehingga konsumen jarang melihat promosi sebagai alasan untuk membeli. Karena pada dasarnya konsumen sudah memiliki niat untuk membeli dengan ada atau tidaknya promosi. Pada variabel electronic word of mouth memiliki pengaruh yang tidak kuat karena pada keadaan lapang, kebanyakan konsumen Amstirdam Coffee mengetahui produk Amstirdam Coffee melalui lingkungan atau teman terdekatnya.

English Abstract

The rapid development of information technology and the more advanced in the era of globalization has had a direct impact on society, especially among young people. This makes business people start introducing their products through social media, especially Instagram. In conducting transactions on Instagram, entreprenurs can interact directly with buyers. Likewise with the coffee business conducted by Amstirdam Coffee, the Amstirdam Coffee promoted its products through Instagram to attract more consumers so that the business could increase. This research aims to determine the effect of the Theory of Planned Behavior variables on Purchasing Decisions, as well as the influence of Promotion and Electronic Word of Mouth variables as variables that support or strengthen Buying Interests in influencing Purchasing Decisions. This study uses quantitative methods with SEM-PLS analysis using the WarpPLS 5.0 application. Respondents in this study were consumers of Amstirdam Coffee Malang who participated in Amstirdam Coffee social media and had purchased Amstirdam Coffee products. The results of this research are the Theory of Planned Behavior variables that have a significant effect on Purchasing Decisions with p value of <0.001 which is <0.05. In the Theory of Planned Behavior variable, the variable that gives the greatest contribution is the Attitude towards Buying Interest. The r-square value in the Purchase Interest variable is 63.4%. The r-square result is said to be high because Buying Interest has three supporting variables, namely Attitudes, Subjective Norms and Behavior Control which have a high contribution value. Promotion and Electronic Word of Mouth as amoderation variables that combined with the Purchase Interest variable has a significant influence on Purchasing Decisions with a p value of <0.001 which is <0.05. This moderating variable is said to be a quasi moderation variable which functions as an explanatory variable and strengthens the influence of Buying Interests on Purchasing Decisions. The r-square value of the Promotion moderation variable, Electrronic Word of Mouth with Buying Interests on Purchase Decisions is 48.4%. The r-square value has decreased because promotion and electronic word of mouth variables have little role in contributing to buying interest. The effect of promotion and electronic word of mouth is not large because in the field conditions, Amstirdam Coffee does not have promotions of various types so consumers rarely see promotions as a reason to buy. Because basically consumers already have an interest in buying with the presence or absence of promotion. In electronic variables word of mouth has a strong influence because in the field, most consumers of Amstirdam Coffee know about Amstirdam Coffee products through their closest environment or friends.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/367/051907131
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:48
Last Modified: 10 Aug 2020 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173575
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item