Niat Perilaku Pembelian Makanan Melalui Layanan Online Food Delivery (OFD) dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior

Handayani, Made Dwi (2019) Niat Perilaku Pembelian Makanan Melalui Layanan Online Food Delivery (OFD) dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan produk makanan dalam kegiatan belanja online menjadi peluang untuk industri kuliner dalam menciptakan pasar baru. Salah satunya yaitu munculnya layanan pemesanan dan pengiriman makanan secara online atau online food delivery (OFD). Jenis pertama merupakan layanan yang disediakan oleh restoran itu sendiri seperti KFC dan Mc Donald. Jenis yang kedua berupa aplikasi multi-restoran dan bertindak sebagai pihak ketiga yang menyediakan layanan pengiriman untuk berbagai restoran seperti GoFood dan GrabFood. Layanan pengiriman makanan secara online telah banyak mengubah perilaku konsumen, khususnya konsumen perkotaan yang menyebabkan layanan OFD ini menjadi suatu perilaku yang normal dan rutin. Penelitian tentang niat perilaku konsumen terhadap layanan pengiriman makanan online dari pihak ketiga sebagai perantara dari restoran ke konsumen masih belum banyak dilakukan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku terhadap niat pembelian makanan melalui layanan online food delivery (OFD). Pendekatan teori perilaku terencana atau Theory of Planned Behavior (TPB) digunakan guna menjelaskan niat perilaku pembelian makanan melalui layanan OFD. Penelitian ini menggunakan 192 responden. Jumlah responden ditentukan dengan menggunakan teknik probability sampling dan metode yang digunakan yaitu sampel acak stratifikasi proporsional. Sampel dibagi menjadi tiga strata yang berbeda berdasarkan angkatan yaitu, 2016, 2017 dan 2018. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling Partial Least Square i(SEM-PLS) dengan menggunakan alat analisis WarpPLS versi 6.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh positif terhadap niat pembelian makanan melalui layanan OFD oleh mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Sedangkan sikap tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian makanan melalui layanan OFD. Norma Subjektif menjadi variabel yang memiliki pengaruh paling kuat terhadap niat pembelian makanna melalui layanan OFD. Berdasarkan penelitian ini, penyedia layanan OFD seperti GoFood disarankan untuk lebih menekankan promosi word of mouth (mulut ke mulut), karena orang-orang disekitar konsumen seperti anggota keluarga dan teman dekat terbukti dapat mempengaruhi niat konsumen untuk menggunakan layanan OFD. Selain itu, penyedia layanan OFD perlu mempertahankan serta mengembangkan layanan website yang jelas dan mudah dimengerti oleh konsumen sehingga tidak menimbulkan kendala selama proses pembelian berlangsung.

English Abstract

The development of food products in online shopping activities is an opportunity for the culinary industry in creating new markets. One of them is the emergence of online food delivery (OFD) service and ordering services. The first type of OFD is the service provided by the restaurant itself such as KFC and Mc Donald. The second type is a multi-restaurant application and acts as a third party that provides delivery services for various restaurants such as GoFood and GrabFood. Online food delivery services have changed consumer behavior a lot, especially urban consumers which has caused OFD services to become a normal and routine behavior. Research on consumer behavior intentions towards online food delivery services from third parties as intermediaries from restaurants to consumers is still not widely done in Indonesia. This research was conducted to analyze the influence of attitudes, subjective norms and perceptions of behavioral control on intention to purchase food through online food delivery (OFD) services. Theory of Planned Behavior (TPB) approach is used to explain behavioral buying intentions through OFD services. This study used 192 respondents. The number of respondents was determined using probability sampling techniques and the method used was proportional stratification random samples. The sample is divided into three different strata by the year of entry the college, namely, 2016, 2017 and 2018. The data analysis method used is Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) using the WarpPLS analysis tool version 6.0. The results of the analysis show that subjective norms and perceptions of behavioral control have a positive effect on the intention to purchase food through OFD services by students of the UB Faculty of Agriculture. While attitudes do not have a significant effect on the intention to purchase food through OFD services. Subjective norms are variables that have the strongest influence on purchase intentions through OFD services. Based on this research, OFD service providers such as GoFood are advised to emphasize word of mouth promotion, because people around consumers such as family members and close friends are proven to influence consumer intentions to use OFD services. In addition, OFD service providers need to maintain and develop website services that are clear and easy to understand by consumers so as not to cause obstacles during the purchasing process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/376/051907161
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:02
Last Modified: 22 Feb 2023 07:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173403
[thumbnail of Made Dwi Handayani.pdf] Text
Made Dwi Handayani.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item