Strategi Pemasaran Kopi Bubuk Pada Agroindustri Berbasis Ekowisata Amadanom Di Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang

Abadi, Mohamad Setyo (2019) Strategi Pemasaran Kopi Bubuk Pada Agroindustri Berbasis Ekowisata Amadanom Di Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan agroindustri dapat dilakukan dengan pemanfaatan alam untuk menciptakan nilai tambah dan menciptakan sektor industri baru seperti wisata alam. Pengembangan agroindustri dengan mengembangkan wisata berbasis alam tersebut bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Salah satu agroindustri yang mengolah produk dan memanfaatkan alam sebagai tempat wisata adalah agroindustri kopi bubuk kelompok tani “Tani Harapan”. Kelompok tani tersebut melakukan pengolahan produk kopi bubuk dan mendirikan ekowisata Amadanom. Kendala-kendala yang dihadapi oleh kelompok tani tersebut antara lain adalah merek yang belum paten, pasifnya kegiatan pemasaran yang dilakukan yang berdampak pada penurunan volume penjualan sehingga pendapatan agroindustri tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis gambaran faktor internal dan faktor eksternal pemasaran agroindustri dan merumuskan alternatif strategi pemasaran dan prioritas strategi pemasaran bagi agroindustri kopi bubuk kelompok tani “Tani harapan”. Sehingga penelitian ini diharapkan mampu menjadi pertimbangan perusahaan dalam merencanakan strategi pemasaran. Pendekatan penelitian mengunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive pada agroindustri pengolahan kopi bubuk kelompok tani “Tani Harapan”, Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang dengan pertimbangan bahwa kecamatan dampit menjadi sentra penghasil kopi di Kabupaten Malang. Metode penentuan responden mengunakan teknik judgment sampling dengan memilih delapan informan yang mempunyai pengetahuan spesifik di lokasi penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode AHP-SWOT yang merupakan pengabungan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Strenghts, Weaknesses, Opportunities, dan Threats (SWOT). SWOT digunakan untuk mengetahui gambaran faktor internal dan faktor eksternal agroindustri serta menghasilkan strategi alternatif yang didasarkan kondisi internal dan eksternal agroindustri. Sedangkan analisis AHP digunakan dalam penentuan bobot dari tiap tingkatannya dan memberikan penilaian untuk mengetahui prioritas strategi yang dihasilkan dalam matriks SWOT. Berdasarkan hasil analisis strategi pemasaran pada agroindustri kopi bubuk kelompok tani “Tani Harapan” faktor internal kekuatan dengan nilai tertinggi yaitu faktor produk kopi bubuk yang merupakan produk kopi bubuk organik, dan mempunyai cita rasa yang khas dengan nilai (0,428), sedangkan faktor internal kelemahan tertinggi adalah kegiatan promosi ke masyarakat secara luas belum dilakukan. Faktor eksternal mencakup faktor peluang dan ancaman. Faktor peluang yang mempunyai nilai tertinggi adalah faktor pemasaran secara online dengan nilai (0,584) dan faktor ancaman yang mempunyai nilai tertinggi adalahii pesaing yang melakukan digital marketing dengan nilai (0,384). Berdasarkan hasil analisis posisi perusahaan berada pada kuadran III yaitu perusahaan perlu meminimalkan kelemahan perusahaan dengan memanfaatkan peluang yang ada. Alternatif strategi yang direkomendasikan pada kuadran III adalah strategi Weaknesses-Opportunities (WO). Dari enam strategi alternatif WO yang direkomendasikan alternatif strategi melakukan pemasaran online melalui media sosial mempunyai nilai tertinggi dengan nilai (0,284). Dari hasil penelitian tersebut disarankan bagi pemerintah membantu mempercepat pengurusan hak paten merek. Selain itu pemerintah, perguruan tinggi dan pihak swasta perlu untuk memberikan pelatihan terkait promosi dan pemasaran online. Bagi agroindustri perlu mempertahankan kualitas pengolahan dan kualitas produk. Selain itu kelompok tani juga perlu menambah fasilitas di ekowisata agar dapat menarik minat pengunjung datang ke ekowisata.

English Abstract

Agroindustrial development can be done by utilizing nature to create added value and create new industrial sectors such as nature tourism. The development of agroindustries by developing natural-based tourism also aims to increase public income. One of the agroindustries that process products and utilize the nature as a tourism is the agro-industrial coffe powder farmer Group "Tani Harapan". The farmer group did the processing of coffe powder products and established ecotourism Amadanom. The constraints faced by the farmer group such as brand that has not been certified, passivly marketing activities that has an impact on the decline in sales volume so that agroindustrial income is not maximal. This research aims to identify and to analyze the overview of internal factors and factors of external marketing of agroindustries and formulate alternative marketing strategies and priority marketing strategies for the coffe powder farming group's agroindustrial "Tani Harapan". So the research is expected to be able to consider the company in planning marketing strategy. The research approach uses a quantitative descriptive approach. The determination of the research site was done intentionally (purposive) in the production of agroindustrial processing coffe powder Farmer Group “Tani Harapan”, Amadanom village, Dampit, Malang Regency in consideration that the Dampit becomes a coffee production center In Malang Regency. The method of determining the respondent using the judgment sampling technique by selecting eight informant that has specific knowledge at the research site. The data analysis method used in this research is the AHP-SWOT method which is the combined of the Analytical Hierarchy Process (AHP) and Strenghts, Weaknesses, Opportunities, and Threats (SWOT) methods. SWOT is used to figure out the internal factor overview and external factors of the agroindustry as well as generate alternative strategies based on internal and external agroindustrial conditions. Meanwhile AHP analysis is used in the determination of weights from each level and provides assessments to know the priorities of the strategies produced in the SWOT matrix. Based on the results of the analysis of the marketing strategy on the coffe powder agro-industrial farming group "Tani Harapan" internal factor strength with the highest value that is the powder coffee product factor that is organic coffe powder products, and has a distinctive flavor with the value ( 0.428), while the internal factor of the highest weakness is the wide promotional activities of the community has not been conducted. External factors include opportunity and threat factors. The highest-value opportunity factor is the online marketing factor with the value (0.584) and the highest-value threat factor is the competitor who performs digital marketing with the value (0.384). Based on the results of analysis of the company's position in quadrant III, the company needs to minimize the company's weaknesses by taking advantage of existing opportunities. Aniv alternative strategy recommended on quadrant III is the WeaknessesOpportunities (WO) strategy. From sixth alternative, strategies WO recommended alternative strategies of doing online marketing through social media have the highest score with the value (0.284). From the results The research is advised for the government to help accelerate the management of brand patents. In addition governments, colleges and private parties need to provide training related to promotion and online marketing. For agroindustries need to maintain the quality of processing and product quality. In addition, farmer groups also need to add facilities in ecotourism so that they can attract visitors to come to ecotourism

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/342/051907080
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 Oct 2019 01:59
Last Modified: 22 Oct 2021 05:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173224
[thumbnail of Mohamad Setyo Abadi 155040101111028 (2).pdf] Text
Mohamad Setyo Abadi 155040101111028 (2).pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (12kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (5kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item