Perancangan Kemasan Produk Grinder Pocket Coffee Nusantara dengan 5 Sense Theory dan Metode Kansei Engineering

Sulistijo, Apta Hadyan (2019) Perancangan Kemasan Produk Grinder Pocket Coffee Nusantara dengan 5 Sense Theory dan Metode Kansei Engineering. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UKM Grinder Pocket Coffee Nusantara adalah salah satu usaha kecil menengah yang bergerak dalam produksi kopi celup dalam kemasan kain strainer bag. UKM Grinder Pocket Coffee Nusantara terletak di Kota Malang, Jawa Timur. Dalam hal pemasaran produk untuk dapat masuk ke dalam toko-toko retail, UKM belum memiliki desain kemasan yang memenuhi standar. Hal tersebut menjadikan kendala bagi pihak UKM untuk dapat melakukan intensifikasi pasar dan penetrasi pasar. Oleh sebab itu perlu dilakukan perancangan desain kemasan produk kopi celup yang dapat memenuhi kriteria untuk dapat dipasarkan di toko-toko retail. Sehingga produk UKM Grinder Pocket Coffee dapat melakukan penetrasi dan intensifikasi pasar. Perancangan desain kemasan produk untuk penelitian ini menggunakan dua metode yakni metode 5 sense theory dan kansei engineering. Metode 5 sense theory pertama-tama digunakan untuk melakukan evaluasi terlebih dahulu dari desain kemasan yang saat ini digunakan untuk mengetahui penilaian responden mengenai daya tarik kemasan yang digunakan saat ini dengan memperhatikan aspek 5 sense. Kemudian dari hasil evaluasi tersebut dilakukan pengembangan desain kemasan dengan menggunakan metode kansei engineering. Pada penelitian ini aspek yang dilakukan pengembangan lebih lanjut hanya terbatas pada aspek sight saja sehingga dapat merancang desain kemasan yang dapat memikat dan menarik konsumen untuk dapat membentuk tingkah laku untuk melakukan pembelian dengan mengembangkan berdasarkan kata kansei yang didapatkan berdasarkan studi literatur pada penelitian sebelumnya dan diskusi baik dengan responden dan pihak UKM. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, evaluasi desain kemasan dengan menggunakan 5 sense theory menunjukkan kemasan yang digunakan oleh pihak UKM saat ini memiliki nilai rata-rata 6,48 untuk aspek sight, 6,47 untuk aspek touch, 3,53 untuk aspek smell, 5,65 untuk aspek sound, dan 0 untuk aspek taste. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, kemudian dilakukan perbaikan pengembangan desain kemasan kopi celup dengan menggunakan kansei engineering. Didapatkan 12 kata kansei yang dapat merepresentasikan perasaan responden ketika memikirkan sebuah desain kemasan kopi celup. Kemudian 12 kata kansei tersebut dijadikan dasar dalam pengembangan desain kemasan hingga didapatkan 8 alternatif desain kemasan. Hasil dari 8 desain alternatif kemasan tersebut dilakukan evaluasi kembali ke responden hingga didapatkan 3 desain alternatif kemasan yang terpilih dengan mempertimbangkan nilai utilities kemasan, responden preferences, dan penilaian kesesuaian kata kansei dengan desain alternatif kemasan yang dikembangkan. Rekomendasi yang dapat diberikan melalui penelitian ini adalah 3 alternatif desain kemasan terpilih yang dapat dijadikan pertimbangan untuk menjadikan desain nyata dan pemanfaatan aspek 5 sense dalam perancangan sebuah desain produk dengan lebih mendetailakan aspek yang dilakukan penilaian evaluasi serta melakukan analisa tingkat kepentingan aspek yang dianggap penting dalam evaluasi sebuah objek.

English Abstract

SMEs Grinder Pocket Coffee Nusantara is one of the small and medium enterprises that engaged in the production of dipped coffee in a strainer bag. UKM Grinder Pocket Coffee Nusantara is located in Malang City, East Java. In terms of product marketing to be able to enter retail stores, SMEs do not yet have packaging design that meets the standards required from the retail store. This makes an obstacle for SMEs to be able to intensify the market and market penetration. Therefore, it is necessary to design new packaging for dipped coffee products that can meet the criteria to be ably marketed in retail stores. So that the product of SMEs Grinder Pocket Coffee can penetrate and intensify the market. The design of product packaging design for this study uses two methods namely the 5 sense theory and kansei engineering method. The method of 5 sense theory is first used to conduct an evaluation first of the packaging design that is currently used to determine the respondent's assessment of the attractiveness of the packaging currently being used by considering the 5 aspects of the senses. Then from the evaluation results, packaging design was developed using the kansei engineering method. In this study, aspects of further development are only limited to sight aspect so that they can design a packaging that can attract and form consumer’s behaviors to make purchases by developing based on the kansei word that obtained based on literature studies on previous research and good discussions with respondents and SMEs. Based on the research that conducted, evaluation of packaging design using 5 sense theory shows that the packaging used by SMEs currently has an average value of 6.48 for the sight aspect, 6.47 for the touch aspect, 3.53 for the smell aspect, 5, 65 for sound aspects, and 0 for taste aspects. Based on the results of the evaluation, improvements were made to the development of coffee dip packaging designs using kansei engineering. There were 12 kansei words that could represent the feelings of respondents when thinking of a coffee dip’s packaging design. Then the 12 kansei words were used as the basis for developing packaging designs to obtain 8 alternative packaging designs. The results of the 8 alternative packaging designs were re-evaluated to the respondents so that 3 alternative packaging designs were chosen to take into account the value of packaging utilities, respondent’s preferences, and conformity assessment of kansei's words with alternative packaging designs developed. The recommendations that can be given through this study are 3 selected packaging design alternatives that can be taken into consideration to make the real design and utilization of the 5 sense aspects in designing a product design with more detailed aspects of evaluation and analyzing the level of importance the aspects of senses in evaluating an object.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/534/051905202
Uncontrolled Keywords: 5 Sense Theory, Desain Kemasan, Kansei Engineering, Kata Kansei, 5 Sense Theory, Kansei Engineering, Kansei Words, Packaging Design
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.56 Product control, packaging; waste control and utilization > 658.564 Packaging
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Nov 2020 15:59
Last Modified: 10 Nov 2020 15:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173162
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item