Perencanaan Strategi Pemasaran Produk Baju Koko di CV. Subur Makmur

Samboro, Achmadan Baihaqi (2019) Perencanaan Strategi Pemasaran Produk Baju Koko di CV. Subur Makmur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

CV. Subur Makmur berada di dalam lingkungan internal dan eksternal yang dinamis yang mempunyai pengaruh terhadap keberlanjutan usahanya, oleh karena itu CV. Subur Makmur menggunakan beberapa strategi supaya dapat mencapai target penjualan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor internal dan eksternal serta merancang strategi pemasaran yang tepat untuk produk baju Koko pada CV Subur Makmur, sehingga target penjualan yang dapat tercapai serta bisnis nya akan sukses. Penelitian ini menggunakan 3 tahapan untuk menentukan strategi pada CV. Subur Makmur dalam berbisnis baju koko yaitu dimulai dari input stage, matching stage, dan decision stage. Pada analisis input stage, terdapat matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan matriks External Factor Evaluation (EFE) yang digunakan untuk mendapatkan input faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi pada penjualan produk baju koko . Selanjutnya dari IFE matrix dan EFE matrix dilanjutkan ke tahap matching stage yang dianalisis dengan menggunakan matriks Internal-External (IE) dan Matriks Strengths Weakness Opportunities Threats (SWOT) untuk menganalisis strategi yang tepat untuk CV. Subur Makmur. Selanjutnya dari IFE matrix dan EFE matrix dilanjutkan ke tahap matching stage yang dianalisis dengan menggunakan matriks Internal-External (IE) dan Matriks Strengths Weakness Opportunities Threats (SWOT) untuk menganalisis strategi yang tepat untuk CV. Subur Makmur. Kemudian melakukan analisis decision stage dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk melakukan pengambilan keputusan dari alternatif-alternatif strategi yang telah dianalisis dari matching stage Hasil dari analisis IE matrix bahwa CV. Subur Makmur berada di sel II yang mengindikasikan bahwa CV. Subur Makmur berada pada posisi persaingan yang baik, strategi yang dapat diterapkan yaitu strategi intensif dan strategi integratif. Pada tahap pengambilan keputusan dengan menerapkan QSPM yang akan digunakan untuk menentukan pilihan strategi intensif atau integratif, hasilnya bahwa strategi intensif lebih besar dari strategi integratif. Hal ini berarti bahwa CV. Subur Makmur dapat menerapkan strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar maupun pengembangan produk. CV. Subur Makmur dapat menerapkan strategi intensif yakni strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar maupun pengembangan produk perlu melakukan beberapa langkah yang disesuaikan dengan visi dan misinya.

English Abstract

CV. Subur Makmur is in a dynamic internal and external environment that has an influence on the sustainability of its business, therefore CV. Subur Makmur uses several strategies in order to reach the target of selling its products. This study aims to explore internal and external factors and design the right marketing strategy for Koko clothing products on CV Subur Makmur, so that the sales target that can be achieved and the business will be successful. This study uses 3 stages to determine the strategy on the CV. Subur Makmur in the business of koko clothing is started from the input stage, matching stage, and decision stage. In the input stage analysis, there is an Internal Factor Evaluation (IFE) matrix and the External Factor Evaluation (EFE) matrix that is used to obtain input of internal and external factors that can affect the sale of koko clothing products. Then from the IFE matrix and EFE matrix proceed to the matching stage which is analyzed using the Internal- External (IE) matrix and the Strengths Weakness Opportunities Threats (SWOT) matrix to analyze the right strategy for CV. Subur Makmur. Then analyze the decision stage by using Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) to make decisions from alternative strategies that have been analyzed from the matching stage. The results of IE matrix analysis that CV. Subur Makmur is in cell II which indicates that CV. Subur Makmur is in a position of good competition, a strategy that can be applied is intensive strategy and integrative strategy. The stage of decision making by applying QSPM which will be used to determine the choice of an intensive or integrative strategy, the result is that the intensive strategy is greater than the integrative strategy. This means that CV. Subur Makmur can apply market penetration, market development and product development strategies. CV. Subur Makmur can implement an intensive strategy, namely market penetration, market development and product development strategies that need to take several steps that are tailored to their vision and mission

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/312/051904908
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Matrik EFE, Matrik IE, Matrik IFE, Matrik SWOT, QSPM, EFE Matrix, IE Matrix, IFE Matrix, QSPM, Strategic Management, TOWS Matrix
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Oct 2019 02:01
Last Modified: 29 Oct 2019 02:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173077
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item