Analisis Tingkat Loyalitas Petani Tebu Berkaitan Dengan Kepuasan Petani Dalam Bermitra (Studi Kasus Di Pg Kremboong, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur)

Alfasanah, Laila Dwi (2019) Analisis Tingkat Loyalitas Petani Tebu Berkaitan Dengan Kepuasan Petani Dalam Bermitra (Studi Kasus Di Pg Kremboong, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gula memegang peranan penting bagi masyarakat Indonesia dan sektor industri lainnya karena gula merupakan salah satu komponen yang diperlukan untuk konsumsi masyarakat dan diperlukan sebagai bahan baku di industri olahan pangan (Badan Litbang Pertanian, 2005). Konsumsi gula nasional diperkirakan cenderung bertambah tahun ke tahun seiring meningkatnya jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi, dan pertumbuhan industri makanan dan minuman (Maria, 2009). Konsumsi gula nasional yang terus meningkat akan mengakibatkan impor terhadap gula meningkat. Tingginya nilai impor mendorong pemerintah melakukan upaya untuk meningkatkan produksi gula agar mampu memenuhi kebutuhan gula tanpa harus bergantung kepada gula impor. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan produksi gula tersebut tidak terlepas dari penyediaan bahan baku utama dalam industri gula yaitu tebu melalui Pabrik Gula. PG Kremboong merupakan salah satu unit usaha milik PT Perkebunan Nusantara X. PT. Perkebunan Nusantara X adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). PG Kremboong berupaya meningkatkan produksi gula dengan cara bermitra dengan petani tebu. Namun, dalam kegiatan bermitra terdapat penyimpangan yang terjadi, Penyimpangan yang terjadi dalam pelaksanaan kemitraan antara PG Kremboong dengan petani tebu mitra tersebut dapat berpengaruh terhadap jumlah petani mitra dan akan mempengaruhi jumlah pasokan bahan baku tebu oleh PG Kremboong. Petani mitra yang merasa tidak puas atas jalannya kemitraan dapat memberikan dampak kepada jumlah pasokan tebu PG Kremboong. Petani yang tidak puas atas kemitraannya akan lebih memilih untuk menjual tebu hasil produksinya ke PG lain. Maka, PG Kremboong harus memperhatikan kepuasan petani tebu mitra terhadap jalannya kemitraan sehingga petani akan merasa puas dan loyal serta dapat merekomendasikanii kemitraannya kepada petani lain yang belum bermitra dan dapat meningkatkan jumlah persediaan tebu PG Kremboong. Sehingga produktivitas gula PG Kremboong dapat meingkat. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis karakteristik petani yang bermitra dengan PG Kremboong, (2) Menganalisis pola kemitraan yang dilakukan oleh PG Kremboong, (3) Menganalisis tingkat kepuasan petani terhadap pelaksanaan kemitraan dengan PG Kremboong, (4) Menganalisis hubungan antara kepuasan dengan loyalitas petani tebu mitra di PG Kremboong. . Penentuan sampel dilakukan pada petani tebu yang bermitra dengan PG Kremboong. Metode yang digunakan adalah simple random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dari anggota populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Metode analisis yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) dan korelasi rank spearman. Hasil dari analisis data, mayoritas petani tebu mitra merupakan petani dengan jenis kelamin laki-laki dan memiliki usia 45-50 tahun dengan pendidikan terakhir adalah SMA. Lahan yang didaftarkan petani untuk berusahatani tebu mayoritas memiliki status kepemilikan sewa. Lama kemitraan yang dijalin petani dengan PG Kremboong adalah lebih dari 3 tahun hingga lebih dari 39 tahun. Pola kemitraan yang dijalin antara PG Kremboong dengan petani tebu mitra adalah pola kemitraan inti plasma. PG Kremboong sebagai pihak inti dan sebagai avalis yaitu penjamin dana yang telah dipinjam oleh petani dan petani tebu mitra sebagai pihak plasma. Berdasarkan perhitungan Customer Satisfaction Index, petani tebu mitra tergolong cukup puas atas pelayanan kemitraan yang dapat dilihat dari hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) yaitu sebesar 60,02 dan tingkat korelasi antara kepuasan dengan loyalitas adalah kuat, positif dan signifikan yaitu sebesar 0,619.

English Abstract

Sugar plays an important role for the people of Indonesia and other industrial sectors because sugar is one of the components needed for public consumption and is needed as raw material in food processing industries (Badan Litbang Pertanian, 2005). National sugar consumption is estimated to tend to increase year by year as the population increases, economic growth, and the growth of the food and beverage industry (Maria, 2009). The increasing national sugar consumption will increase imports of sugar. The high value of imports has prompted the government to make efforts to increase sugar production in order to be able to meet sugar needs without having to depend on imported sugar. One of the efforts made by the government to increase sugar production is inseparable from the supply of the main raw materials in the sugar industry, sugar cane through the Sugar Factory. PG Kremboong is one of the business units owned by PT Perkebunan Nusantara X. PT. Perkebunan Nusantara X is one of the State-Owned Enterprises (BUMN). PG Kremboong seeks to increase sugar production by partnering with sugar cane farmers. However, in partnership activities there are deviations that occur, Deviations that occur in the implementation of the partnership between PG Kremboong and sugar cane farmers can influence the number of partner farmers and will affect the supply of sugarcane raw material by PG Kremboong. Partner farmers who feel dissatisfied with the course of the partnership can have an impact on the supply of sugar cane PG Kremboong. Farmers who are not satisfied with their partnership will prefer to sell their sugar cane to other PGs. So, PG Kremboong must pay attention to the partners' sugarcane satisfaction with the partnership so that the farmers will feel satisfied and loyal and can recommend their partnership to other farmers who have not partnered and can increase theiv amount of sugar cane stock in PG Kremboong. So that the sugar productivity of PG Kremboong can increase. The purpose of this research is: (1) Analyze the characteristics of farmers who partnered with PG Kremboong, (2) Analyze the partnership patterns conducted by PG Kremboong, (3) Analyze the level of satisfaction farmers to the implementation of partnerships with PG Kremboong, (4) Analyze correlation satisfaction level and loyalty level sugarcane farmers in PG Kremboong. Sampling was done on sugarcane farmers who partnered with PG Kremboong. The method used is simple random sampling, which is a sampling technique from members of the population conducted randomly regardless of the strata that exist in that population. The analytical methods used are Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) and rank spearman correlation. The results of the analysis of data analysis, the majority of partner sugar cane farmers are farmers with male sex and aged 45-50 years with the last education is senior high school. The land registered by farmers for the majority of sugarcane cultivation has a rent status. The duration of the partnership established by farmers with Kremboong PG is more than 3 years to more than 39 years. The partnership pattern established between PG Kremboong and partner sugar cane farmers is a plasma core partnership pattern. PG Kremboong as the core party and as an avalis, namely the guarantor of the funds that have been borrowed by farmers and sugar cane farmers as plasma parties. Based on the calculation of the Customer Satisfaction Index, cane sugarcane partners are quite satisfied with the partnership service that can be seen from the calculation of the Customer Satisfaction Index (CSI) which is equal to 60.02 and the level of correlation between satisfaction and loyalty is strong, positive and significan, that is equal to 0,619.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/335/051907078
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.7 Business enterprises > 338.73 Partnerships
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:39
Last Modified: 22 Oct 2021 05:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173069
[thumbnail of SKRIPSI LAILA DWI A (2).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LAILA DWI A (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item