Analisis Pola Deformasi dan Energi Penyerapan Crash Box Hexagonal untuk Variasi Rasio Diameter dan Panjang Aluminum Foam-Filled Menggunakan Metode Frontal Crash Test

Setiaji, Fitra (2019) Analisis Pola Deformasi dan Energi Penyerapan Crash Box Hexagonal untuk Variasi Rasio Diameter dan Panjang Aluminum Foam-Filled Menggunakan Metode Frontal Crash Test. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Negara dengan tingkat mobilitas penduduk yang tinggi mengakibatkan jumlah sarana transportasi terus meningkat, khususnya kendaraan bermotor. Dengan meningkatnya jumlah kendaraan tidak dapat dipungkiri jumlah kecelakaan ikut terus meningkat. Salah satu alat keselamatan yang dapat digunakan untuk meminimalisir dampak kecelakaan adalah crash box. Crash box merupakan alat keselamatan pasif yang diterapkan pada mobil dengan tujuan untuk menyerap energi impact ketika terjadi frontal crash dengan prinsip mengubah energi impact kedalam bentuk deformasi. Penelitian crash box dengan adanya tambahan aluminum foam sebagai material pengisi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan crash box dalam menyerap energi. Dalam penelitian ini metode yang diterapkan adalah menggunakan software berbasis metode elemen hingga yaitu ANSYS Workbench 17.0 academic. Rasio diameter terhadap panjang material pengisi merupakan variasi yang digunakan dalam penelitian ini. Sebanyak 25 variasi diterapkan, yaitu dengan nilai diameter 26.30; 32.88; 39.45; 46.03; 52.61 mm dan nilai panjang 60; 75; 90; 105; 120 mm. Pemodelan material yang diterapkan yaitu bilinear isotropic hardening dengan menggunakan aluminum tipe AA6061-T4 pada dinding crash box, serta aluminum foam sebagai material pengisi. Impactor dengan massa 103 kg dan kecepatan 2 m/s, serta perpindahan 72 mm diterapkan dalam simulasi ini. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pola deformasi symmetric terjadi pada 25 model. Energi penyerapan terbaik terjadi pada model ke-25 dengan nilai 11499.29 J.

English Abstract

Countries with high levels of population mobility have resulted increasing the number of transportation, especially motorized vehicles. With the increasing number of vehicles it cannot be denied that the number of accidents continues to increase. One of the safety tools that can be used to minimize the impact of accidents is the crash box. Crash box is a passive safety tool that is applied to the car in order to absorb the impact energy when a frontal crash occurs, with change impact energy into a form of deformation. The crash box research with the addition of aluminum foam as a filling material to increase the crash box's to absorb energy. In this study the method applied was using a finite element method based on ANSYS Workbench 17.0 academic. The ratio diameter and length of the filler material is the variation used in this study. 25 variations are applied, with a diameter value of 26.30; 32.88; 39.45; 46.03; 52.61 mm and a long value of 60; 75; 90; 105; 120 mm. Material modeling applied is bilinear isotropic hardening, using aluminum type AA6061-T4 on the wall of the crash box and aluminum foam as filler material. Impactor with a mass of 103 kg and a speed of 2 m / s, and a displacement of 72 mm were applied in this simulation. The results of the analysis in this study indicate that the symmetric deformation pattern occurs in 25 models. The best absorption energy occurs in the 25th model with a value of 11499.29 J.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/556/051905224
Uncontrolled Keywords: Crash Box, Pola Deformasi, Energi Penyerapan, Diameter, Panjang, Aluminum Foam. Crash Box, Deformation Patterns, Energy Absorbtion, Diameter, Length, Aluminum Foam.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 620.1 Engineering mechanics and materials > 620.18 Nonferrous metals > 620.186 Alumunium
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Oct 2020 14:38
Last Modified: 25 Oct 2020 14:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172903
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item