Pemanfaatan Ruang Bersama sebagai Area Belajar pada Gedung Asrama Putra Universitas Brawijaya Malang

Ranzani, Ahmad (2017) Pemanfaatan Ruang Bersama sebagai Area Belajar pada Gedung Asrama Putra Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini, Pendidikan merupakan salah satu poin penting untuk negara Indonesia. Karena Pendidikan merupakan salah satu poin utama dalam mengukur tingkat kemajuan suatu bangsa. Sehingga dengan dituntutnya perkembangan zaman, sistem perguruan tinggi juga ikut berubah menyesuaikan era persaingan global. Sehingga konsep pendidikan secara formal (di dalam kelas) tidak cukup diterapkan untuk mendukung kebutuhan akademik mahasiswa. Learning byself, merupakan metode pembelajaran secara individu yang dilakukan dilluar area kelas (formal). Mahasiswa dituntut untuk mencari tambahan referensi, mengerjakan tugas secara berkelompok, berdiskusi terkait dengan perkuliahan, dll. Wadah untuk menampung segala kegiatan pembelajaran tersebut biasa disebut dengan Leearning Space. Di sepanjang hari aktif perkuliahan, selama observasi awal untuk mencari permasalahan dilakukan, pada area-area yang memungkinkan terjadinya aktivitas pembelajaran (Learning Space), ramai sekali digunakan. Sehingga hal tersebut menjadi hipotesa awal bahwa mahasiswa saat ini membutuhkan Learning Space untuk mendukung kegiatan pembelajaran mereka. Kemudian dari hipotesa tersebut dilakukan penelitian dengan mengambil gedung asrama sebagai objek penlitian. Dimana tujuan penelitian ini ingin mengetahui tingkat kebutuhan ruang bersama tersebut sebagai area belajar penghuni sekaligus sebagai mahasiswa. Penelitian tersebut dilakukan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Dimana metode pengumpulan datanya menggunakan observasi dan kuisioner. Hasil dari kuisioner tersebut diolah dan didata melalui tabulasi dan diagram. Kemudian dari hasil tersebut, digunakan sebagai dasar dari analisis secara kualitatif untuk menjawab permasalahan dari rumusan masalah. Hasilnya adalah pada penelitian tahap 1, membuktikan bahwa penghuni asrama sebagai mahasiswa membutuhkan ruang atau space untuk menunjang kebutuhan belajar mereka atau disebut learning space. Kemudian pada penelitian tahap dua, diketahui bahwa ruang bersama asrama, belum dapat memenuhi sebagai sebuah ruang belajar yang efektif karena terdapat aspek-aspek yang kurang diterapkan dan diaplikasikan. Sehingga solusi atau rekomendasinya adalah dengan mengoptimalkan kembali ruang bersama pada area gedung asrama, seperti memperbaiki aspek-aspek yang dinilai kurang oleh responden, kemudian mengeplot ruang bersama untuk fungsi sosial dan rekreatif, dan fungsi ruang belajar, serta merancang ruang belajar di area luar sebagai solusi agar dapat menampung seluruh anggota kelompok disaat melakukan kegiatan pembelajaran. Sehingga dari bentuk solusi dan rekomendasi tersebut, diharapkan dapat menunjang kebutuhan belajar penghuni asrama dan menjadikan ruang bersama asrama sebagai area belajar yang efektif.

English Abstract

At this time, Education is one of the important points for the country, especially Indonesia. Because Education is one of the main points in measuring the progress of a nation. So with the demands of the times, the college system also changed to adjust the era of global competition. So the concept of formal education (in the classroom) is not sufficiently applied to support the academic needs of students. Learning byself, is an individual learning method that is done outside class area (formal). Students are required to seek additional references, do tasks in groups, discuss related to lectures, etc. Container to accommodate all learning activities are called Learning Space. Throughout the course of active lectures, during the initial observation to look for problems were made, in areas that enabled the occurrence of learning activities (Learning Space), crowded once used. So it becomes the initial hypothesis that today's students need Learning Space to support their learning activities. Then from the hypothesis is done research by taking the dormitory building as object penlitian. Where the purpose of this study wanted to know the level of space needs together as a learning area as well as student residents. The research was conducted using quantitative descriptive analysis method. Where the method of data collection using observation and questionnaire. The results of the questionnaire are processed and recorded through tabulations and diagrams. Then from these results, used as the basis of qualitative analysis to answer the problem of the problem formulation. The result is in phase 1, proving that the dormitory residents as students need spaces to support their learning needs or called learning space. Then in the second phase of research, it is known that the shared dormitory space, has not been able to meet as an effective learning space because there are aspects that are less applied. So the solution or recommendation is to re-optimize the shared space in the dormitory building area, such as improving the aspects assessed less by the respondent, then plot the shared space for social and recreational function, and the function of the study room, as well as designing the study room in the outside area as a solution In order to accommodate all members of the group while doing the learning activities. So from the form of solutions and recommendations, is expected to support the learning needs of boarding residents and make public space dormitory as an effective learning area.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/665/051707258
Uncontrolled Keywords: Ruang bersama, Learning Space, Asrama
Subjects: 700 The Arts > 727 Buildings for education and research purposes > 727.3 College and university buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Aug 2017 09:15
Last Modified: 15 Sep 2020 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1729
[thumbnail of Ranzani, Ahmad.pdf] Text
Ranzani, Ahmad.pdf
Restricted to ['security_typename_restricted' not defined]

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item