Identifikasi sistem manajemen mutu berbasis ISO 9001:2015 pada CV. Jaya Barokah Sentosa

Setyani, Rizka Dwi Ayu (2019) Identifikasi sistem manajemen mutu berbasis ISO 9001:2015 pada CV. Jaya Barokah Sentosa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam menghadapi persaingan global, mutu produk yang dihasilkan perusahaan perlu diperhatikan karena saat ini kesadaran konsumen mengenai mutu produk semakin meningkat. Untuk itu perusahaan perlu mendapatkan pengakuan internasional yang menyatakan bahwa produk dan sistem yang digunakan telah sesuai dengan standar. Standar internasional mengenai manajemen mutu yang biasa digunakan adalah ISO 9001:2015. Penerapan yang konsisten akan mempengaruhi loyalitas pelanggan dalam memilih produk yang ingin dibeli. CV. Jaya Barokah Sentosa adalah perusahaan emping jagung yang ingin melebarkan cakupan bisnisnya lebih luas sehingga dapat bersaing di pasar nasional dan menembus pasar internasional. Maka dari itu perusahaan ingin mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 sebagai salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara dengan pihak perusahaan , data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder yang bersumber dari wawancara observasi dan brainstorming dengan pihak perusahaan. Data sekunder yang diambil berupa profil perusahaan, sop seluruh kegiatan yang dilakkan serta dokumen lain yang bersangkutan dengan sistem manajemen mutu seperti rekaman kegiatan, ckechklist produksi, jumlah tenaga kerja dan proses produksi . Setelah pengumpulan data maka dilakukan pengolahan data dengan cara mengidentifikasi SMM CV. Jaya Barokah Sentosa berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang berdasarkan pada penilaian apakah sudah sesuai atau belum dengan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan dalam ISO 9001:2015, baik dokumen-dokumen tertulis maupun kegiatan atau aktivitas yang harus dilaksanakan oleh perusahaan sehingga dapat diketahui apa saja kekurangan dari perusahaan untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015. Dari kekurangan tersebut akan diberikan usulan perbaikan berdasarkan ketidaksesuaian di klausul 4,6,8 dan 9 . Hasil identifikasi dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pada Kusul 4 mengenai konteks organisasi perusahaan belum memahami isu-isu baik internal maupun eksternal yang dapat mempengaruhi kemampuan organisasi dalam mencapai tujuan, selain itu banyak dokumentasi pada klausul 4 yang belum di miliki oleh perusahaan sebagai persyaratan klausul ISO 9001:2015 . Pada klausul 6 mengenai penanganan resiko dan peluang kondisi perusahaan belum memiliki prosedur mutu yang jelas dalam menantisipasi dan menganalisis resiko dan peluang yang mungkin terjadi selain itu dalam perencaan dan pencapaian sasaran mutu perusahaan juga belum mempertimbangan SMART (Specific, Measurable, Agreed, Reasonable, Time-Bound). Untuk klausul 8 mengenai operasional kondisi perusahaan perusaahan belum maksimal dalam melakukan perencanaan produk dan pelaksanaan produksi dan kurang proaktif dalam menjalin hubungan dengan pelanggan dan pihak ketiga salah satu contohnya kurangnya komunikasi terhadap pelanggan tentang kebutuhan pelanggan. Pada klausul 9 mengenai evaluasi kerja perusahaan belum melakukan pemantauan, pengukuran dan evaluasi dari setiap lini bisnis perusahaan secara menyuluruh dan berkala, perusahaan belum memahami pentingnya tinjauan manajemen dan audit internal secara keseluruhan sehingga selama ini belum pernah dilakukannya audit internal di perusahaan

English Abstract

In order to face of global competition, companies should pay great attention to the quality of products that produced by themselves, due to the increasing of consumer awareness about product quality nowadays. Therefore, companies need to get international recognition which declare that the products and systems they used are fulfill the standard. The common international standard regarding Quality Management is ISO 9001:2015. If this standard is constantly applicated, it will influence customer loyalty of the products they want to buy. CV. Jaya Barokah Sentosa is Corn Chips Company who dreamed to expand their business scope broader so it can compete in national market, then followed by international market soon. It makes the company eagers to achieve the ISO 9001:2015 certificate – which makes its company easier to reach their goal. This research was conducted by interviewing the company representative, the collected data was consist of primary data and secondary data sourced from observation interviews and brainstorming activity with the company. Secondary data which taken were company profile, the Standard Operational Procedure of all activities on the company, Quality Management System’s related documents, production tasks, and number of manpower and production processes. Furthermore, those data were processed by identifying whether the SMM of CV. Jaya Barokah Sentosa is fulfill the requirements of ISO 9001:2015 or not – based on the results of interviews and observation, documents and reports, and all of their activities in order to conclude their threat and weakness to get ISO 9001:2015. From that weakness, researcher would give the suggestion of improvements based on unsuitable condition on clauses number 4, 6, 8, and 9. The results of the identification and analysis indicate that in Clause 4 about the context of the company’s organization doesn’t understand neither the internal nor external issues that could affect the company’s ability to achieve goals. In the other hand, there are a lot of documentation in Clause 4 which not fulfilled yet by the company as the requirements of ISO 9001:2015. In Clause 6 regarding risks and opportunities handling, company hasn’t arranged a good and clear procedure to anticipate and analyze risks and opportunities that may occur. In company quality’s planning to achieve good quality, the company is also has not considered SMART (Specific, Measurable, Agreed, Reasonable, Time- Bound). For clause 8 regarding operational conditions, company has not maximize its product planning and manufacturing, and less proactive in maintaining its relationship with customer and third party, particularly in its communication with customers about their needs. In clause 9 regarding job evaluation, the company has not applied monitoring, measurement and evaluation of each company's business lines completely, the company also has not understood the importance of management review and internal audit completely, so that internal audit has not been applied in the company.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/604/051905166
Uncontrolled Keywords: Manajemen Mutu, ISO 9001:2015, Quality Management, ISO 9001: 2015
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Oct 2020 19:23
Last Modified: 04 Oct 2020 19:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172863
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item