Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembangunan Desa Wisata (Studi Pada Desa Janju Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser)

Zahra, Fitra Zetira (2019) Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembangunan Desa Wisata (Studi Pada Desa Janju Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan desa wisata. Penelitian ini dilakukan di Desa Janju Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser, Desa Wisata di Desa Janju secara swadaya membangun desa wisata, serta memberdayakan masyarakat untuk memperoleh kesejahteraan. Penelitian ini mengkaji terkait strategi pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan desa wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis strategi pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan desa wisata yang dilaksanakan di Desa Janju, serta penelitian ini juga untuk mengetahui, medeskripsikan, dan menganalisis factor penghambat dan factor pendukung strategi pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan desa wisata pada Desa Janju. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus dari penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Miles, Huberman, dan Saldana, yang dimulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam strategi pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan desa wisata perlu adanya perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi. Tujuannya adalah karena dalam setiap pembangunan perlu adanya partisipasi masyarakat serta hal-hal yang ingin di bangun harus mempunyai rencana yang matang karena pembangunan desa wisata ini mengenai jangka panjang, setelah di rencanakan lalu di laksanakan, setelah itu di nilai atau di evaluasi kembali untuk melihat bagaimana kekurangan atau masalah yang ada. Rekomendasi dari peneliti untuk Desa Wisata Janju yaitu lebih mengkaji prioritas utama, meningkatkan komitmen cara berpikir serta perilaku untuk selalu ingin maju, melakukan sosialisasi betapa pentingnya desa wisata serta selalu memotivasi masyarakat demi kesejahteraan mereka sendiri baik dalam lingkungan, sosial, maupun ekonomi.

English Abstract

This research was conducted to find out how the strategy of community empowerment in the development of tourist villages. This research was conducted in Janju Village, Tanah Grogot District, Paser Regency, Tourism Village in Janju Village independently developed a tourism village, and empowered the community to obtain welfare. This study examines the related strategies of community empowerment in the development of tourist villages. This study aims to find out, describe, and analyze community empowerment strategies in the development of tourism villages carried out in Janju Village, and this research is also to find out, describe and analyze inhibiting factors and supporting factors for community empowerment strategies in the development of tourist villages in Janju Village. This study uses descriptive research with a qualitative approach. The focus of this research is planning, implementation, and evaluation. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documents. Analysis of the data used in the study were Miles, Huberman, and Saldana, which began with data collection, data condensation, data presentation and conclusion drawing. The results of this study explain that in the community empowerment strategy in the development of tourist villages there needs to be planning, implementation and evaluation. The goal is because in every development there needs to be community participation and things that want to be built must have a mature plan because the development of this tourism village is about long-term, after it is planned and carried out, after it is evaluated or re-evaluated to see deficiencies or problems that exist. The recommendation from researchers for Janju Tourism Village is to study the top priorities first, increase commitment to thinking and behavior to always want to go forward, socialize the importance of tourism villages and always motivate people for their own welfare in the environment, social, and economy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/178/051906125
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Masyarakat, Desa Wisata-Community Empowerment Strategy, Community Empowerment, Tourism Village
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.1 Jurisdictional levels of administration > 352.17 Rural administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Nov 2020 16:14
Last Modified: 21 Oct 2021 08:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172836
[thumbnail of Fitra Zetira Zahra.pdf]
Preview
Text
Fitra Zetira Zahra.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item