Analisis Implementasi Sistem Online Pada Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Pedesaan Dan Perkotaan (Pbb-P2) (Studi Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Pati)

Ashari, Adinda Nuren (2019) Analisis Implementasi Sistem Online Pada Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Pedesaan Dan Perkotaan (Pbb-P2) (Studi Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Pati). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar implementasi sistem online pada pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang digunakan Pemerintah Kabupaten Pati pada awal tahun 2018 sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penerimaan pajak dari sektor PBB-P2 karena penerimaan pajak yang terus menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem online pada pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dan untuk mengetahui dukungan serta penghambat implementasi sistem online pada pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem online membantu dalam proses pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan terutama dalam pembayaran. Meskipun kualitas sistem baik tetapi masih terdapat hambatan dalam implementasi sistem seperti jaringan internet yang tidak tersedia di beberapa daerah, masih terdapat wajib pajak yang tidak mengetahui tentang PBB online, dan aplikasi yang mengalami masalah sehingga menghambat aparatur desa dalam melaksanakan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

English Abstract

This Research is conducted based on the basis of the implementation of an online system on the collection of Rural and Urban Land and Building Taxes (PBB-P2) used by Pati Regency Government in early 2018 as one way to increase tax revenue from the PBB-P2 sector because tax revenues continued to decline. This study aims to determine the implementation of the online system on the collection of Rural and Urban Land and Building Taxes (PBB-P2) and to find out the support and inhibitors of the implementation of online systems in collecting Rural and Urban Land and Building Taxes (PBB-P2). This research uses descriptive qualitative research method. The results of this study indicate that the online system helps in the process of collecting Rural and Urban Land and Building Taxes, especially in payments. Although the quality of the system is good but there are still obstacles in the implementation of systems such as internet networks that are not available in some regions, there are still taxpayers who do not know about online PBB, and applications that experience problems that local apparatuses from collecting Rural Land and Building Taxes and Urban (PBB-P2)

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/191/051906147
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Sep 2020 22:34
Last Modified: 10 Nov 2020 02:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172803
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item