Penerapan Self Assessment System Dalam Pemungutan Pajak Penghasilan Celebrity Endorsement Melalui Media Sosial Instagram (Selebgram)

Surya, Kartika (2019) Penerapan Self Assessment System Dalam Pemungutan Pajak Penghasilan Celebrity Endorsement Melalui Media Sosial Instagram (Selebgram). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis Endorsement melalui Media Sosial Instagramadalah salah satu fenomena revolusi 4.0 yang disebabkan oleh faktor kemajuan teknologi. Endorsementtersebut dilakukan oleh seorang celebrity endorsement media sosial Instagram atau biasa disebut dengan Selebgram. Endorsement yang dilakukan oleh selebgram kini menjadisuatu cara baru bagi masyarakat untuk memperoleh Penghasilan.Tingginya penghasilan yang diperoleh Selebgram menjadi perhatian bagi berbagai pihak termasuk Pemerintah sebab penghasilan tersebut merupakan salah satu objek dari Pajak Penghasilan. Pajak Penghasilan merupakan salah satu jenis pajak yang memiliki prioritas paling tinggi dalam penerimaan Negara. Salah satu kewajiban perpajakan yang melekat dalam bisnis endorsement ini yaitu Pajak Penghasilan Selebgram yang dipungut berdasarkan prinsip Self Assessment System. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kewajiban Pajak Penghasilan selebgram berdasarkan sistem pemungutan Self Assessment System. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif digunakan untuk menjelaskan dan menggambarkan pelaksanaan Self Assessment Systemdalam pemungutan pajak penghasilan Selebgram. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis Creswell tahun 2014. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Self Assessment System oleh beberapa Selebgram yang menjadi narasumberbelum berjalan sesuai dengan prinsip dan Peraturan Perpajakan yang berlaku. Terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan Self Assessment Systemdalam memungut pajak penghasilan selebgram ini. Faktor pendukungnya antara lain peningkatan pelayanan di Kantor Pajak, penerapan withholding tax dari pengguna jasa endorsement dan penguatan basis data Selebgram oleh Direktorat Jenderal Pajak. Sedangkan faktor penghambat antara lain penyuluhan atau sosialisasi yang belum maksimal, kurangnya pemahaman atau pengetahuan Wajib Pajak dan rendahnya tingkat kepatuhan serta kesadaran Wajib Pajak.

English Abstract

Endorsement business through Social Media Instagram is one of the phenomena in revolutionary 4.0 caused by technological advances. The endorsement is done by a celebrity endorsement of social media Instagram or commonly called Selebgram. Endorsement that carried out by Selebgram is a new way for people to earn income right now. The high income that earned by Selebgram is a concern for various parties including the Government because this income is one of the objects of Income Tax. Income tax is one type of tax that has the highest priority in state revenues. One of the tax obligations inherent in this endorsement business is the Selebgram Income Tax which is levied based on the Self Assessment System principle. This study aims to find out the annual income tax obligations based on the collection system of Self Assessment System. This study uses descriptive qualitative research methods.Descriptive qualitative methods are used to explain and describe the implementation of the Self Assessment System in Selebgram income tax collection. The analytical method used in this study is Creswell's 2014 analysis method.The results of this study indicate that the implementation of the Self Assessment System by some of the Selebgrams that have become speakers has not yet run in accordance with the applicable taxation principles and regulations. There are supporting factors and inhibiting factors in the implementation of the Self Assessment System in collecting this annual income tax.Supporting factors include improving services at the Tax Office, implementing an withholding tax from endorsement service users and strengthening the Selgram database by the Directorate General of Taxes. While the inhibiting factors include counseling or socialization that has not been maximized, lack of understanding or knowledge of taxpayers and the low level of compliance and awareness of taxpayers

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/198/051906154
Uncontrolled Keywords: Pajak Penghasilan, Self Assessment System, Selebgram,Endorsement, Income Tax, Self Assessment System, Selebgram, Endorsement
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.24 Income taxes > 336.241 General topics of income taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:29
Last Modified: 05 Aug 2020 07:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172802
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item