Efektivitas Pelayanan Penerbitan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E- Ktp) (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang)

Nugrahani, Shinta Awalia Rizky (2019) Efektivitas Pelayanan Penerbitan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E- Ktp) (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tuntutan akan penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas oleh masyarakat semakin banyak dan beragam. Oleh karena itu penyelenggaraan pelayanan publik oleh pelaksana pelayanan seharusnya diutamakan dan dijalankan dengan seefektif mungkin. Berdasarkan uraian diatas peneliti mengambil judul Efektivitas Pelayanan Penerbitan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis tingkat efektivitas pelayanan penerbitan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang serta mengidentifikasi upayaupaya yang mendungkung penyelenggaraan pelayanan tersebut. Hal yang dirasa sangat penting oleh penulis dalam memberikan dokumen kependudukan kepada masyarakat didalam proses implementasi program perekaman KTP Elektronik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini untuk mengetahui tingat efektivitas pelayanan penerbitan e-KTP dapat diketahui melalui tiga indikator efektivitas menurut pendapat Martanti dan Lubis. Ke-tiga indokator tersebut yaitu pendekatan sumber (SDM, dan alat, sarana dan prasarana), pendekatan proses (mekanisme pelayanan, kepastian waktu dalam SOP, kopetensi pegawai, sikap pegawai, biaya pelayanan dan rata-rata jumlah pengurus dan cetak e-KTP) dan pendekatan tujuan (kepuasan masyarakat, kepastian waktu dan realisasi target). Selain itu juga terdapat upaya-upaya dalam pemenuhan target e-KTP yaitu melalui inovasi program, perbaikan alat, sarana dan prasarana serta seminar atau diklat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang menjadi salah satu instansi yang mengemban tugas dalam pelaksanaan program e-KTP khususnya pada wilayah Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa masih ada target dari setiap kecamatan atas kepemilikan e-KTP bagi usia wajib belum terpenuhi. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor eksternal kantor yakni ketersediaan blanko e-KTP dan kelancaran jaringan.

English Abstract

The demand for quality public service performance by the community is increasing and variety. Therefore the implementation of public services by service providers should be prioritized and carried out as effective as possible. Based on the description above, the researcher took the title of Effectiveness of e-KTP Publishing Services on the Department of Population and Civil Registration Service of Malang Regency. This research was conducted to find out, describe, and analyze the level of effectiveness of the services of e-KTP publishing at the Malang Regency Department of Population and Civil Registration Service and to identify efforts that support the performance of these services. It is very important for the author in providing population documents to the community in the process of implementing the E-KTP recording program. Descriptive research with a qualitative approach was used for the research method of this study. In collecting data, researcher used interview techniques and documentation. In this study, to find out the effectiveness of e-KTP publishing services can be identified through three indicators of effectiveness in the opinion of Martanti and Lubis. The three indicators are the source approach (HR, tools, facilities and infrastructure), process approach (service mechanism, time certainty in the SOP, employee competency, employee attitudes, service costs and the average number of administrators and e-KTP printing) and the goal approach (community satisfaction, time certainty and target realization). In addition, there are also efforts in fulfilling the e-KTP target, namely through program innovation, improvement of tools, facilities and infrastructure as well as seminars or training. Malang Regency Department Population and Civil Registration Service is one of the agencies carrying out duties in the implementation of the e-KTP program, especially in Malang Regency. Based on the results of the research that has been conducted, it can be seen that there is still a target for each sub-district for ownership of e-KTP for the mandatory age not yet fulfilled. This is influenced by the external factors of the office, namely the availability of blank e-KTP and the smooth operation of the network.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/116/051906063
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pelayanan, Penerbitan, Elektonik Katu Tanda Penduduk, Service Effectiveness, Publishing, Electronic Identity Card
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.5 Public administration of social warfare > 353.59 Activities relating to population and settlement
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Nov 2020 17:54
Last Modified: 28 Oct 2021 04:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172793
[thumbnail of Shinta Awalia Rizky Nugrahani 155030100111098 (2).pdf]
Preview
Text
Shinta Awalia Rizky Nugrahani 155030100111098 (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item