Evaluasi Konsep Tanggap Iklim Tropis pada Cafe Mezzanine di Kota Yogyakarta

Prasidya, Abda Alif (2019) Evaluasi Konsep Tanggap Iklim Tropis pada Cafe Mezzanine di Kota Yogyakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cafe mezzanine Yogyakarta adalah sebuah cafe di iklim tropis yang memiliki banyak bukaan transparan pada setiap sisi bangunan yang mengandalkan pencahayaan alami sebagai penerangan di pagi dan siang. Namun penutup yang transparan pada bangunan ini memberikan beberapa poin yang menjadi salah satu tolak ukur pada bangunannya sehingga perlu adanya evaluasi untuk menentukan apakah bangunan tersebut tanggap terhadap iklim tropis. Penelitian ini membuktikan bahwa objek yang di teliti menggunakan konsep tanggap iklim tropis sehingga parameter pada orientasi bangunan, ventilasi silang, pelindungan matahari, penyimpanan dan penghambatan panas, vegetasi, dan suhu pada bangunan membuat bangunan ini memberikan dampak yang positif yang bisa ditentukan dari orientasi bangunan, bukaan alami, material, suhu, dan juga vegetasi di sekitar bangunan ini juga memberikan hal positif bahwa apa yang sudah dilakukan untuk menerapkan prinsip tanggap iklim tropis sangat optimal.

English Abstract

Cafe Mezzanine Yogyakarta is a café in a tropical climate that has many transparent openings on each side of the building that relies on natural lighting as lighting in the morning and afternoon. But a transparent cover of this building gives some points that become one of the benchmarks in the buildings so it needs an evaluation to determine whether the building is responsive to the tropical climate. This research proves that objects are closely using the concept of tropical climate response so that parameters in building orientation, cross ventilation, sun protection, heat storage and inhibition, vegetation, and temperature in buildings make This building has a positive impact that can be determined from the orientation of the building, natural openings, materials, temperature, and also vegetation around this building also gives a positive thing that what has been done to apply the principles of climate response Tropical is very optimal.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/392/051904988
Uncontrolled Keywords: Parameter Tanggap Iklim Tropis, Cafe Mezzanine, Penutup Transparan. tropical climate response parameters, Cafe Mezzanine, transparent cover
Subjects: 700 The Arts > 720 Architecture > 720.4 Special topics of architecture > 720.47 Architecture and the environment
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:57
Last Modified: 24 Aug 2020 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172789
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item