Pengaruh Content Marketing Terhadap Consumer Engagement Serta Dampaknya pada Kepercayaan Merek (Studi pada Mahasiswa Konsumen Media VICE Indonesia)

Naufalia, Amira (2019) Pengaruh Content Marketing Terhadap Consumer Engagement Serta Dampaknya pada Kepercayaan Merek (Studi pada Mahasiswa Konsumen Media VICE Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh langsung Content Marketing terhadap Kepercayaan Merek ; dan 2) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh tidak langsung Content Marketing terhadap Kepercayaan Merek melalui Consumer Engagement. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Content Marketing, Consumer Engagement dan Kepercayaan Merek. Pengumpulan data diperoleh melalui survei dengan penyebaran kuesioner secara online pada Mahasiswa aktif Universitas Brawijaya yang merupakan konsumen media VICE Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 116 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada tiap jalur. Selain itu, terdapat pengaruh langsung yang signifikan dari Content Marketing terhadap Kepercayaan merek sebesar 0,748 (74,8%) dan pengaruh tidak langsung yang signifikan dari Content Marketing terhadap Kepercayaan Merek dengan Consumer Engagement sebagai variabel perantara sebesar 0,107 (10,7%). Berdasarkan hasil penelitian ini, perusahaan VICE Indonesia disarankan untuk lebih meningkatkan engagement melalui content marketing yang dilakukan untuk mempertahankan kepercayaan merek. Lebih lanjut lagi, hasil penelitian menemukan bahwa Content Marketing merupakan salah satu strategi yang efektif dalam membentuk Consumer Engagement dalam memengaruhi Kepercayaan Merek.

English Abstract

This research aims to explain: 1) How Content Marketing directly affects Consumer Engagement and 2) How Content Marketing indirectly affects Brand Trust through Consumer Engagement. This research use explanatory research with quantitative approach. Variables tested on this research are: Content Marketing, Consumer Engagement and Brand Trust. Data were collected through survey by online questionnaire distributed to Universitas Brawijaya‘s undergraduate student who are the media consumer of VICE Indonesa with 116 respondent sample. The sampling technique used in this research is purposive sampling and data were analysed by descriptive analysis and path analysis. The results of this research showed that each path of the model has significant correlation. Furthermore, result shows significant direct effect of Content Marketing on Brand Trust by 0,748 (74,8%) and significant indirect effect of Content Marketing on Brand Trust mediated by Consumer Engagement by 0,107 (10,7%) with total effect of 0,855 (85,5%). Based on this result, VICE Indonesia is suggested to apply more engagement through the use of Content Marketing to maintain Brand Trust. The findings in this study indicate that Content Marketing is one of the effective strategy in forming Consumer Engagement so that it can influence Brand Trust.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/320/051906343
Uncontrolled Keywords: Content Marketing, Consumer Engagement, Kepercayaan Merek-Content Marketing, Consumer Engagement, Brand Trust
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.802 General topics of marketing management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 Nov 2020 17:03
Last Modified: 21 Oct 2021 07:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172788
[thumbnail of Amira Naufalia.pdf]
Preview
Text
Amira Naufalia.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item