Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Prestasi Belajar Dengan Minat Membaca Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)

Anggraeni, Dita Ayu (2019) Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Prestasi Belajar Dengan Minat Membaca Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan jumlah penduduk yang terus bertambah setiap tahunnya akan berpengaruh kepada pembangunan ekonomi sehingga dibutuhkan usaha untuk mengoptimalkan penerimaan negara yang dapat dilakukan melalui perpajakan. Dengan demikian dibutuhkan sumber daya manusia perpajakan berkualitas yang dihasilkan melalui pendidikan. Tuntutan akan pendidikan perpajakan juga dibutuhkan pada setiap sektor dan seleksi dalam dunia kerja. Permintaan dunia kerja atas tenaga kerja yang profesional menuntut peran perguruan tinggi dalam menyediakan tenaga kerja dan memerlukan adanya kerjasama dari mahasiswa. Mahasiswa sebagai peserta didik dituntut untuk mencapai hasil yang maksimal selama perkuliahan. Hasil belajar yang diperoleh mahasiswa dapat diketahui melalui nilai indeks prestasinya sebagai tolak ukur keberhasilan. Salah satu faktor yang memengaruhi prestasinya adalah minat membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar mahasiswa Program Studi Perpajakan dengan minat membaca sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 83 responden mahasiswa Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Sikap (X1), Norma Subjektif (X2), dan Kontrol Perilaku Persepsian (X3) berpengaruh signifikan terhadap Minat Membaca Mahasiswa Perpajakan (Y1). Variabel Norma Subjektif (X2), Kontrol Perilaku Persepsian (X3), dan Minat Membaca (Y1) juga memiliki pengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Perpajakan (Y2), akan tetapi variabel Sikap (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Perpajakan (Y2).

English Abstract

The growth in population which continues to grow every year will affect economic development so that efforts are needed to optimize state revenues that can be done through taxation. Thus, quality tax human resources are needed which are produced through education. Demands for tax education are also needed in every sector and selection in the world of work. The world demand of work for professional labor demands the role of the university in providing labor and requires cooperation from student. Student as student are required to achieve maximum results during lectures. Learning outcomes obtained by student can be known through their achievement index values as a measure of success. One of the factors that influenced his achievement was his interest in reading. This study aims to determine the factors that influence student learning achievement in the Tax Study Program with interest in reading as an intervening variable. This research uses explanatory research with a quantitative approach. The sample used was 83 respondents from the Student of Taxation Study Program Faculty of Administrative Sciences Brawijaya University. The data analysis used in this study is descriptive analysis and path analysis. The result of this study indicate that Attitude (X1), Subjective Norms (X2), and Perceived Behavior Control (X3) variables have a significant effect on Interest in Reading Taxation Student (Y1). Subjective Norms (X2), Perceived Behavior Control (X3), and Reading Interest (Y1) variables also have a significant effect on Taxation Student Learning Achievement (Y2), but the Attitude variable (X1) does not have a significant effect on Taxation Student Learning Achievement (Y2).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/210/051906145
Uncontrolled Keywords: Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku Persepsian, Minat Membaca, dan Prestasi Belajar, Attitude, Subjective Norms, Perceived Behavior Control, Interest in Reading, Learning Achievement
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Philosophy and theory, education for specific objectives, educational psychology > 370.15 Educational psychology > 370.152 Consious mental processes and intelligence > 370.152 3 Learning
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 09 Nov 2020 14:38
Last Modified: 16 Oct 2023 08:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172765
[thumbnail of DITA AYU ANGGRAENI (2).pdf] Text
DITA AYU ANGGRAENI (2).pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item