Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung Ecowisata Kebun Kopi Amadanom di Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

Saraswati, Dwiyana Dita (2019) Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung Ecowisata Kebun Kopi Amadanom di Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman sumberdaya alam yang dapat dimanfaatkan untuk pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata. Dengan adanya sector pariwisata di Indonesia, sektor pariwisata memberikan kontribusi pendapatan nasional yang cukup besar karena kebutuhan masyarakat urban saat ini cukup besar terhadap wisata. Diketahui perolehan jumlah devisa sektor pariwisata Indonesia pada 2015 mencapai USD 12,23 juta. Salah satu aktivitas dalam sektor pariwisata yaitu ekowisata, dan adapun ekowisata yang menjadi objek penelitian yaitu Ecowisata Kebun Kopi Amadanom. Semakin banyak jumlah pengunjung yang berkunjung namun jika tidak didukung dengan pelayanan yang juga bertambah baik maka akan menjadi masalah. Maka dari itu Ecowisata Kebun Kopi Amadanom masih perlu meningkatkan pelayanannya dalam menyediakan aktivitas wisata bagi pengunjung. Adapun penelitian yang dilakukan bertujuan (1) untuk menganalisis perbandingan nilai kinerja dengan nilai kepentingan dari Ecowisata Kebun Kopi Amadanom, (2) untuk mengetahui preferensi pengunjung terhadap atribut-atribut yang tergabung dalam dimensi kualitas pelayanan pada Ecowisata Kebun Kopi Amadanom, dan (3) menganalisis tingkat kepuasan pengunjung terhadap kinerja pelayanan yang disediakan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan yaitu data hasil dari kuesioner yang disebarkan pada 68 responden, dan wawancara dengan pihak ekowisata. Data sekunder yang digunakan yaitu diperoleh dari data Desa Amadanom yang diperoleh dari kantor Desa Amadanom. Pengambilan sample dengan teknik accidental sampling pada pengunjung yang berkunjung saat penelitian berlangsung. Analisis data yang digunakan adalah Analisis deskriptif, Importance and Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Dalam penelitian yang dilakukan terdapat 17 atribut yang tergabung dalam lima dimensi kualitas jasa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perbandingan nilai kinerja dengan nilai kepentingan yang paling rendah yaitu pada atribut area parkir sebesar 0,57 yang menyatakan bahwa kinerja atribut tersebut masih kurang memuaskan dan memerlukan perbaikan. Hasil penelitian berdasarkan preferensi pengunjung terdapat tiga (3) atribut yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan karena letak atribut-atribut tersebut terletak pada kuadran I yaitu area parkir, fasilitas bangunan wisata, dan kebersihan dan kerapian area wisata. Berdasarkan nilai Customer Satisfaction Index (CSI) diketahui sebesar 0,68, dimana nilai tersebut termasuk dalam interval 0,66-0,80 yang dapat diartikan bahwa pengunjung telah merasa puas terhadap kinerja pelayanan di Ecowisata Kebun Kopi Amadanom. Area parkir, fasilitas bangunan wisata, kebersihan dan kerapian area wisata memerlukan perbaikan dan peningkatan kinerja. Saran untuk perbaikan area parkir ada baiknya jika area parkir diberi rambu tanda parkir yang jelas dan petugas parkir. Saran untuk perbaikan fasilitas bangunan wisata dapat diatasi dengan alternatif ii dengan memberi biaya masuk ekowisata bagi pengunjung sesuai keikhlasan pengunjung untuk memberi, lalu dari hasil pendapatan yang didapatkan tersebut dapat dimanfaatkan untuk biaya perawatan ekowisata, pembaharuan fasilitas, atau penambahan fasilitas baru. Saran untuk kebersihan dan kerapian bagi area wisata yaitu dengan mempekerjakan beberapa orang untuk membersihkan area ekowisata. Ecowisata Kebun Kopi Amadanom masih memerlukan banyak dana untuk mendukung perbaikan dan peningkatan kinerja pada fasilitas fisik yang digunakan oleh pengunjung. Adapun fasilitas fisik yang perlu ditambahkan menurut saran dari pengunjung yaitu adanya tempat untuk berwisata kuliner, pilihan souvenir atau oleh-oleh yang lebih bervariasi, kolam renang anak. Sedangkan untuk kinerja yang dari pekerja ekowisata tersebut telah mampu memenuhi kepuasan konsumen dengan baik, namun ada baiknya jika pekerja selalu berada di area ekowisata sehingga jika ada pengunjung dapat langsung dilayani jadi pengunjung yang datang tidak kebingungan melihat tidak ada yang menyambut mereka.

English Abstract

Indonesia is a country that has a diversity of natural resources that can be utilized for economic growth in the tourism sector. With the tourism sector in Indonesia, the tourism sector contributes to national income which is quite large because the needs of urban society are currently large enough for tourism. It is known that the amount of foreign exchange in Indonesia's tourism sector in 2015 reached USD 12.23 million. One of the activities in the tourism sector is ecotourism and ecotourism which is the object of research, namely Ecowisata Kebun Kopi Amadanom. The more visitors there are, but if it is not supported by better service, it will be a problem. Therefore Amadanom Coffee Plantation Ecotourism still needs to improve its services in providing tourist activities for visitors. The research aimed (1) to analyze the comparison of performance values with the importance of Ecowisata Kebun Kopi Amadanom, (2) to determine visitor preferences for the attributes incorporated in the dimensions of service quality on Ecowisata Kebun Kopi Amadanom, and (3) to analyze the level of visitor satisfaction with the performance of the services provided. The type of data used in this study are primary data and secondary data. The primary data used are the results data from the questionnaire are distributed to 68 respondents, and interviews with ecotourism parties. Secondary data used is obtained from data from Amadanom Village obtained from the Amadanom Village office. Sampling with accidental sampling techniques for visitors who visited during the study. Analysis of the data used is descriptive analysis, Importance and Performance Analysis (IPA), and the Customer Satisfaction Index (CSI). In the research conducted there were 17 attributes incorporated in five dimensions of service quality. Based on the results of the study, it is known that the comparison of the performance value with the lowest value of importance is the parking area attribute of 0,57 which states that the performance of the attribute is still unsatisfactory and requires improvement. The results of research based on visitor preferences are three (3) attributes which are the top priority to be improved because the location of these attributes is located in quadrant I, namely parking area, tourist building facilities, and cleanliness and neatness of tourist area. Based on the value of the Customer Satisfaction Index (CSI) it is known that 0,68, where the value is included in the interval of 0,66-0,80, which means that visitors are satisfied with the performance of services at Ecowisata Kebun Kopi Amadanom. Parking areas, tourist building facilities, cleanliness and tidiness of tourist areas require improvements and performance improvements. Suggestions for improving the parking area are good if the parking area is given clear parking signs and parking attendants. Suggestions for improvement of tourist building facilities can be overcome with alternatives by giving ecotourism entry fees for visitors according to the sincerity of visitors to give, then from the income obtained can be used for ecotourism maintenance costs, facility renewal, or the addition of new iv facilities. Suggestions for cleanliness and neatness for tourist areas, namely by employing several people to clean the ecotourism area. Amadanom Coffee Plantation Ecotourism still requires a lot of funds to support improvements and performance improvements to the physical facilities used by visitors. The physical facilities that need to be added according to the advice of visitors are the existence of a place for culinary tours, a choice of souvenirs or more varied souvenirs, a children's pool. Whereas for the performance of ecotourism workers it has been able to meet customer satisfaction well, but it is better if workers are always in the area of ecotourism so that if there are visitors can be served immediately so visitors who come are not confused to see no one welcoming them.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/51/051906780
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:57
Last Modified: 24 Aug 2020 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172756
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item