Implementasi Usulan Penilaian Angka Kredit Berbasis Online (Sisdupak) Bagi Guru Dalam Upaya Peningkatan Manajemen Pelayanan Pendidikan (Studi Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Malang)

Muhardiansyah, Abdul (2019) Implementasi Usulan Penilaian Angka Kredit Berbasis Online (Sisdupak) Bagi Guru Dalam Upaya Peningkatan Manajemen Pelayanan Pendidikan (Studi Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya serta, Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Bagian Kepegawaian Negara No 14 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. SISDUPAK (Sistem Informasi Usulan Penilaian Angka Kredit Berbasis Online) dibuat pada tahun 2015 disesuaikan dari program Dinas Pendidikan Kabupaten Malang melalui Rencana Kerjanya untuk menciptakan suatu pemfasilitasan kenaikan jabatan fungsional Guru di Kabupaten Malang sesuai landasan hukum yang berlaku. Dengan sistem online ini merupakan suatu perwujudan E-Government dan harapanya dapat meningkatan manajemen pelayanan di bidang pendidikan terkhusus kepada Guru di Kabupaten Malang yang akan melaksanakan kenaikan jabatan fungsionalnya yang lebih baik dari pada sebelumnya, melalui cara manual tidak dengan sistem online. Secara umum Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian SISDUPAK sebagai upaya peningkatan manajemen pelayanan pendidikan pada kenaikan jabatan fungsional Guru di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun penggunaan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara yang dipakai adalah wawancara semi terstruktur, observasi yang dipakai adalah observasi partisipatif pasif. Berdasarkan teori ketercapaian implementasi program oleh Korten, implementasi SISDUPAK dapat dilihat dari aspek pertama kesesuaian program dengan pemanfaatan atau apa yang diharapkan, kedua kesesuaian antara program dengan organisasi pelaksana, dan ketiga kesesuaian antara penerima implementasi dengan organisasi pelaksana yang akan disesuaikan dengan upaya peningkatan manajemen pelayanan pendidikan melalui fungsi manajemen pendidikan oleh Suharsaputra dan Mukarom & Laksana yaitu: (1) Adanya SISDUPAK sebagai terobosan program yang baru oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Malang untuk pemfasilitasan kenaikan jabatan fungsional Guru di Kabupaten Malang adalah sesuatu yang diharapkan oleh para Guru di Kabupaten Malang dari segi pemanfaatan secara berkelanjutan untuk kenaikan jabatan fungsionalnya karena bertujuan sebagai suatu peningkatan pelayanan kepada Guru di Kabupaten Malang. (2) Dinas Pendidikan Kabupaten Malang mempunyai komitmen dan motivasi yang tinggi agar dapat mensukseskan programnya yaitu SISDUPAK sebagai suatuvii program untuk kenaikan jabatan fungsional Guru sebagai upaya peningkatan manajemen pelayanan pendidikan di Kabupaten Malang, dibuktikan dengan adanya perencanaan dan evaluasi tahunan, adanya anggaran, sosialisasi kepada Guru, jadwal dan agenda SISDUPAK, sehingga kesesuaian antara program dengan organisasi pelaksana dapat terwujud karena Dinas Pendidikan Kabupaten Malang mempunyai semangat yang tinggal dalam melaksanakannya. (3) Tujuan dari SISDUPAK benar dirasakan oleh para Guru di Kabupaten Malang yang melaksanakan kenaiakan jabatan fungsionalnya mendapatkan suatu kemudahan pelayanan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Malang adanya hasil ini merupakan kesesuaian antara penerima implementasi dengan organisasi pelaksanan dari ouput yang dihasilkan dan terwujudnya suatu upaya peningkatan manajemen pelayanan pendidikan di Kabupaten Malang. Berdasarkan teori Donald P. Wareick dan Soenarko untuk melihat faktor pendukung dan penghambat implementasi program. Pengimplementasian SISDUPAK terdapat faktor pendukung dari segi internal yaitu: adanya landasan hukum yang jelas, adanya komitmen dan motivasi, adanya dukungan berupa anggaran. Dari segi ekternal yaitu: adanya dukungan dari penerima implementasi yaitu Guru di Kabupaten Malang, adanya koordinasi dan komunikasi oleh organisasi pelaksana. Faktor penghambatnya dari segi internal yaitu: banyaknya pemain aktor yang terlibat sehingga menghambat dalam pengambilan keputusan, dan adanya loyalitas ganda yang menjadi keterbatasan tenaga dari sumber daya manusia. Dari segi eksternal yaitu: adanya loyalitas ganda yang menciptakan keterbatasan kemampuan sumber daya manusia.

English Abstract

Based on Minister of Administrative Reform and Bureaucratic Reform Regulation No. 16 of 2009 concerning Teacher's Functional Position and Credit Score as well as Joint Regulation of the Minister of National Education and Head of State Employment Section No. 14 of 2010 concerning Technical Guidelines for Implementation of Functional Position and Credit Figures. SISDUPAK (OnlineBased Credit Score Assessment Proposal Information System) was made in 2015 adjusted from the Malang Regency Education Service program through its Work Plan to make all facilitating improvements in Teacher functions in Malang Regency in accordance with applicable law. This online system is an embodiment of EGovernment and hopes that it can improve service management in concentrated education for Teachers in Malang Regency who will improve their functional positions better than before, through manual methods not with online systems. In general, this study aims to determine the implementation of SISDUPAK as an effort to improve education service management in the increase of Teacher's functional position in Malang Regency. This study uses a qualitative descriptive research method. The use of data used is interviews, observation and documentation. The interview used is a semi-structured interview, the observation used is passive participatory observation. Based on the theory of program implementation achievement by Korten, the implementation of SISDUPAK can be seen from the first aspect of program suitability with what is expected, both conformity between programs and implementing organizations, and the three conformity between recipient implementations and implementing organizations that will be adapted to efforts to improve education service management through the education management function by Suharsaputra and Mukarom & Laksana namely: (1) The existence of SISDUPAK as a new program breakthrough by the Malang District Education Office for facilitating the increase in Teacher's functional position in Malang Regency is something that teachers in Malang Regency expect from sustainable use of their functional promotion because it aims to increase service to teachers in Malang Regency. (2) Malang District Education Office has high commitment and motivation in order to succeed the program, namely SISDUPAK as a program to increase Teacher's functional position as an effort to improve management of education services in Malang Regency, as evidenced by annual planning and evaluation, budgeting, socialization to The teacher, the schedule and the SISDUPAK agenda, so that the suitability between the program and the implementing organization can be realized because the Malang District Education Agency has the spirit to stay in implementing it. (3) The purpose of SISDUPAK isix truly felt by the Teachers in Malang Regency who carry out the functional assignment of obtaining an ease of service by the Malang District Education Office. education in Malang Regency. Based on the theory of Donald P. Wareick and Soenarko to look at the supporting and inhibiting factors for program implementation. The implementation of SISDUPAK has internal supporting factors, namely: the existence of a clear legal basis, commitment and motivation, support in the form of a budget. In terms of external, namely: the support of the recipient of the implementation of the Teacher in Malang Regency, the coordination and communication by the implementing organization. The inhibiting factors are internal, namely: the number of actors involved so that it hampers decision making, and the existence of multiple loyalties is a limitation of human resources. Externally, namely: the existence of multiple loyalties that create limited human resource capabilities.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/29/051906018
Uncontrolled Keywords: SISDUPAK, Implementasi Program, Manajemen Pelayanan Pendidikan, Kabupaten Malang, SISDUPAK, Program Implementation, Education Service Management, Malang Regency.
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.8 Public administration of agencies supporting and controlling education
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 02 Nov 2020 14:49
Last Modified: 28 Oct 2021 02:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172724
[thumbnail of ABDUL MUHARDIANSYAH (-239405403).pdf]
Preview
Text
ABDUL MUHARDIANSYAH (-239405403).pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item