Efektivitas Penerapan Program Sistem Informasi Pelaporan Dinas Kesehatan Kota Probolinggo

Anwar, Muhammad Khairul (2019) Efektivitas Penerapan Program Sistem Informasi Pelaporan Dinas Kesehatan Kota Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesehatan adalah salah satu pelayanan publik dasar yang harus disediakan oleh Pemerintah karena mencakup kepentingan orang banyak yang juga telah disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan yaitu Pemerintah bertanggung jawab merencanakan, mengatur, menyelenggarakan, membina, dan mengawasi penyelenggaraan upaya kesehatan yang merata dan terjangkau oleh masyarakat. Salah satu bentuk peningkatan kualitas pelayanan publik dalam bidang kesehatan yaitu dengan diterapkannya e-government yang kemudian disebut sebagai Sistem Informasi Kesehatan. Penerapan Sistem Informasi Kesehatan salah satunya dilakukan di Kota Probolinggo melalui program aplikasi Sideka-Pro yang diatur dalam Peraturan Walikota Nomor 54 Tahun 2017 tentang Sistem Informasi Pelaporan Dinas Kesehatan Kota Probolinggo. SidekaPro merupakan aplikasi untuk pelaporan terkait pelayanan kesehatan oleh fasilitas pelayanan kesehatan ke Dinas Kesehatan Kota Probolinggo dan sebagai sarana transparansi kepada masyarakat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan fokus penelitian yaitu: 1). Adanya tujuan yang jelas; 2). Sumber daya manusia; 3). Struktur organisasi; 4). Adanya dukungan sarana dan prasarana; 5). Sistem nilai yang dianut; 6). Cepat; 7). Tepat; 8). Akurat; 9). Efektif dan Efisien. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan skunder yang diperoleh dari wawancara dan dokumen-dokumen. Metode analisis yang digunakan adalah model analisis spradley. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapatnya tujuan yang jelas dalam pelaksanaan Sideka-Pro karena terdapat dasar dalam pembuatan, kejelasan serta untuk transparansi kepada masyarakat. Sumber daya manusia pada pelaksanaan Sideka-Pro memiliki kualitas yang tidak efektif karena terkadang terjadi kesalahan dalam input data oleh operator serta tidak adanya tenaga yang khusus dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Untuk struktur organisasi menunjukkan hasil yang efektif karena terdapat struktur yang jelas dan pembagian fungsi kerja yang sesuai. Pada indikator adanya dukungan sarana dan prasarana juga sudah efektif karena terdapat pendanaan yang cukup, software yang memudahkan dan hardware yang sudah terpenuhi. Indikator terakhir menunjukkan hasil dengan adanya perubahan sistem pelaporan menjadi online dianggap memudahkan operator sehingga sistem nilai yang digunakan sekarang yaitu berbasis online dianggap lebih efektif. Pada fokus pencapaian tujuan yaitu cepat, dan efisien sudah tercapai. Akan tetapi pada tujuan tepat waktu dan akurat belum tercapai karena masih terjadi keterlambatan dalam proses pelaporan dan belum dapat menampilkan data yang valid yang dapat dijadikan acuan.

English Abstract

Health is one of the basic public services that must be provided by the Government because it covers the interests of many people who have also been mentioned in Law No. 36 of 2009 concerning Health, namely the Government is responsible for planning, regulating, organizing, fostering and overseeing the implementation of equitable health efforts and affordable by the community. One form of improving the quality of public services in the health sector is the implementation of e-government which is then referred to as the Health Information System. One of the Health Information System applications is carried out in the City of Probolinggo through the Sideka-Pro application program which is regulated in Mayor Regulation Number 54 of 2017 concerning the Probolinggo City Health Office Reporting Information System. Sideka-Pro is an application for reporting related to health services by health care facilities to the Probolinggo City Health Office and as a means of transparency to the community. This type of research is descriptive with a qualitative approach and the focus of research is: 1). There are clear objectives; 2). Human Resources; 3). Organizational structure; 4). Support for facilities and infrastructure; 5). Adhered value system; 6). Fast; 7). Right; 8). Accurate; 9). Effective and Efficient. The types and sources of data used are primary and secondary data obtained from interviews and documents. The analytical method used is the spradley analysis model. Based on the results of the study, there was a clear goal in the implementation of SidekaPro because there was a basis in making, clarity and transparency for the community. Human resources in the implementation of Sideka-Pro have ineffective qualities because sometimes there are errors in data input by operators and the absence of special personnel in the field of information and communication technology. The organizational structure shows effective results because there is a clear structure and appropriate division of work functions. In the indicator, the support of facilities and infrastructure has also been effective because there is sufficient funding, easy software and hardware that has been fulfilled. In the indicator, the support of facilities and infrastructure has also been effective because there is sufficient funding, easy software and hardware that has been fulfilled. The last indicator shows the results with the change in the reporting system to be online is considered to make it easier for operators so that the value system used now, which is based online is considered more effective. At the focus of achieving goals, namely fast, and efficient has been achieved. However, on time and accurate goals have not been achieved because there are still delays in the reporting process and have not been able to display valid data that can be used as a reference

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/155/051906102
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Sideka-Pro, Probolinggo, Effectiveness, Sideka-Pro, Probolinggo
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:29
Last Modified: 28 Oct 2021 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172653
[thumbnail of MUHAMMAD KHAIRUL ANWAR_ (2).pdf]
Preview
Text
MUHAMMAD KHAIRUL ANWAR_ (2).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item